Senin, Juni 17, 2024
spot_img

Pipa Intake Rusak, BU SPAM BP Batam Upayakan Normalisasi Air Bersih

Batam, GK.com – Beberapa hari ini, masyarakat Kota Batam mengalami gangguan suplai air bersih di beberapa wilayahnya. Hal ini disebabkan oleh adanya kerusakan pada dua Pompa Intake yang berada di Instalasi Pengolahan Air (IPA) Duriangkang. Pompa Intake ini berfungsi untuk menghisap air dari waduk ke IPA.

Untuk mengatasi masalah ini, Badan Usaha Sistem Pengelolaan Air Minum (BU SPAM) BP Batam bersama dengan PT Moya Indonesia sebagai mitra kerjanya terus berupaya mempercepat proses perbaikan Pompa Intake tersebut. Diharapkan, pelayanan air bersih kepada pelanggan dapat segera pulih kembali.

Menurut Direktur BU SPAM BP Batam, Denny Tondano, kerusakan Pompa Intake ini menyebabkan hilangnya suplai air sebesar 360 lpd. Akibatnya, sekitar 36 ribu sambungan rumah di beberapa daerah tidak mendapatkan air bersih.

“Kami sudah melakukan rewinding pada hari Sabtu lalu. Namun, kami masih menunggu komponen mesin yang harus dibeli dari Singapura. Komponen mesin itu juga harus dibubut dulu sebelum dipasang. Kami perkirakan pekerjaan ini akan selesai pada hari Kamis,” jelasnya, Senin (31/7/2023) sore.

Ia menambahkan, setelah komponen mesin dipasang, aliran air masih membutuhkan waktu untuk kembali normal di semua daerah. Terutama di daerah yang memiliki elevasi tinggi atau jarak jauh dari waduk.

“Kami terus melakukan pekerjaan selama 24 jam nonstop agar tidak sampai hari Kamis. Kami juga terus memantau kondisi di IPA Duriangkang agar tidak terjadi hal serupa lagi di masa depan,” ucapnya.

Sementara itu, BU SPAM BP Batam dan PT Moya Indonesia telah menyediakan mobil tangki air bersih untuk pelanggan yang terdampak gangguan suplai air bersih selama 1×24 jam. Mobil tangki air bersih ini dapat diminta melalui koordinasi dengan Ketua RT/RW/Kelurahan setempat.

“Kami mohon maaf atas ketidaknyamanan yang dialami masyarakat Kota Batam akibat gangguan ini. Kami akan terus meningkatkan pelayanan suplai air bersih bersama mitra kami demi kebutuhan dan kenyamanan publik,” tutupnya.(rls)

Editor : Ronny

Related Articles

- Advertisement -spot_img

Latest Articles

- Advertisement -spot_img