Senin, Mei 20, 2024
spot_img

Pemprov Kepri dan PLN Kirim Mesin 1000 KW untuk Atasi Krisis Listrik di Natuna

KEPRI, GK.com – Kabupaten Natuna mengalami krisis listrik sejak Jum’at 21 Juli lalu, yang menyebabkan pemadaman bergilir di daerah tersebut. Untuk mengatasi masalah ini, Pemerintah Provinsi (Pemprov) Kepulauan Riau bekerja sama dengan PT. Perusahaan Listrik Nasional (PLN /Persero) Unit Induk Distribusi Riau dan Kepulauan Riau (UIDRKR) mengirimkan mesin pembangkit listrik tambahan dengan kapasitas 1000 KW ke Natuna.

Menurut Kepala Dinas Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Kepri Darwin, mesin tersebut berangkat dari Batam pada Kamis 27 Juli dan diperkirakan tiba di Ranai, ibu kota Natuna, pada 30 Juli. Mesin tersebut akan segera dioperasikan pada minggu pertama Agustus.

“Kita harus mendukung upaya peningkatan kualitas pelayanan listrik di Natuna, apalagi bulan Agustus nanti ada banyak kegiatan besar yang membutuhkan listrik yang cukup. Ini adalah salah satu solusi yang kita lakukan sesuai arahan gubernur,” ujar Darwin di Tanjungpinang, Jum’at (28/7).

Darwin juga menyampaikan bahwa ada perusahaan dari Swedia bernama Waves4Power yang sedang berkolaborasi dengan PT. Bina Muda Teknikatama untuk mengembangkan pembangkit listrik tenaga gelombang laut di Natuna. Proyek percontohan ini akan menghasilkan listrik sebesar 3 MW yang bisa ditingkatkan menjadi 10 MW.

“Gubernur mendorong agar PLN bisa bekerja sama dengan Waves4Power untuk memanfaatkan tenaga gelombang laut ini. Ini adalah inovasi baru yang bisa dikembangkan di Kepulauan Riau, khususnya di Natuna,” kata Darwin.(***)

Related Articles

- Advertisement -spot_img

Latest Articles