Minggu, Mei 19, 2024
spot_img

Gubernur Kepri : Anggaran Pilkada Harus Benar-Benar Disiapkan Secara Baik Dan Proporsional

Batam, GK.com – Rapat Koordinasi (Rakor) Penyusunan Rencana Pendanaan Pelaksanaan Pemilihan Kepala Daerah Serentak Tahun 2024 di buka secara resmi oleh  Gubernur Kepulauan Riau H. Ansar Ahmad

Bertempat di Hotel Aston Kota Batam pada Selasa (28/02/2023), Rakor dilaksanakan guna menindaklanjuti Surat Edaran (SE) Menteri Dalam Negeri Republik Indonesia Nomor 900.1.9.1/435/SJ tentang Pendanaan Kegiatan Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur, Bupati dan Wakil Bupati serta Walikota dan Wakil Walikota Tahun 2024.

“Dukungan pendanaan melalui alokasi anggaran kegiatan pada pelaksanan Pilkada nanti mesti benar-benar disiapkan secara baik, dan juga proporsional dengan mengacu pada prinsip-prinsip efisiensi,” tegas Ansar.

“Di mana dalam penyusunan alokasi anggaran nantinya, mesti didasarkan pada kemampuan keuangan masing-masing Daerah, dengan mengacu pada peraturan perundang-undangan yang berlaku,” tambah Ansar.

“Dukungan alokasi anggaran akan ditanggung bersama, baik oleh Pemerintah Provinsi, Kabupaten maupun Kota, dengan tetap memperhatikan 4 prinsip penting yakni, Penganggaran, Pelaksanaan dan Penatausahaan, Pelaporan serta Pertanggungjawaban,” ucapnya.

“Tahapan-tahapan tersebut mesti diperhatikan dengan benar, agar Pemilihan Umum serentak nanti tetap terlaksana dengan baik, tapi juga tidak menimbulkan duplikasi atau pemborosan anggaran,” harap Ansar.

“Saat ini, walaubagaimanapun semua pihak tengah melakukan berbagai upaya pemulihan ekonomi masyarakat, pasca hantaman pandemi Covid-19 yang lalu, yang telah meruntuhkan berbagai sendi ekonomi selama hampir dua tahun. Untuk itu, saya juga berharap kepada Tim Anggaran Pemerintah Daerah (TAPD) untuk dapat menyusun seluruh perencanaan anggaran pemilihan Kepala Daerah serentak Tahun 2024 secara efisien, tanpa mengurangi esensi pelaksanaan Pilkada itu sendiri,” tuturnya.

“Kita semua berharap, semoga pelaksanaan Rakor dukungan pendanaan pelaksanaan Pilkada serentak Tahun 2024 ini akan melahirkan pemilihan Kepala Daerah yang bersih, dan menghasilkan pemimpin berintegritas”. ujar Ansar. (YN).

Editor : Sai

Related Articles

- Advertisement -spot_img

Latest Articles