Minggu, Mei 19, 2024
spot_img

Moto Membawa Dita Sebagai Paskibraka Tingkat Nasional

Jakarta, GK.com – Faradita Dwi Safitri, Siswi Sekolah Menengah Atas Negeri (SMAN) 4 Karimun terpilih menjadi Duta Pancasila Tingkat Nasional 2022, keberhasilannya menjalankan tugas sebagai Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka) pada peringatan HUT Kemerdekaan RI ke- 77 itu pun menciptakan rasa bangga, baik bagi kedua Orang Tua, Sekolah, maupun Daerah.

Meli, Ibunda Dita (sapaan akrabnya) mengungkapkan rasa terharu yang tidak bisa diukur oleh apapun ketika mendengar saat nama putri nya lolos ke tingkat Nasional sebagai pasukan kedelapan, dan sempat menjadi cadangan pembawa Baki.

Tetesan air mata Meli juga tidak terkendalikan, saat dirinya menceritakan perjuangan Dita dari Nol hingga sampai saat ini bisa memijakkan kakinya ke Ibu Kota Indonesia, Jakarta.  Kepada awak Media ini, Jumat (19/08/2022) melalui sambungan telepon sekitar pukul 13.00 Wib, Meli menuturkan, sejak kecil Dita bercita – cita menjadi Polisi Wanita (Polwan). Semasa mendaftarkan diri di SMAN 4 Karimun, Dita mengambil ekstrakurikuler Pasukan Pengibaran Bendera (PPB) tingkat Sekolah.

Berbekal ilmu di saat itu, latihan dan kerja kerasnya, membawa Ia (Dita-Red) terpanggil untuk mengikuti seleksi Paskibraka tingkat Kabupaten, dan alhasil lolos ke tingkat Nasional.


“Alhamdulillah, dengan moto yang di pegang teguh oleh Dita yakni, “Siapa pun bisa menjadi apapun, jika kamu berpikir bisa, pasti bisa”, akhirnya moto itu terwujudkan. Sempat tidak percaya juga kalau Dita lolos. Sebagai Ibu, saya sangat bangga dan bahagia melihat anak saya bisa tampil di Istana,” ungkap Meli, bangga.


“Terima kasih saya ucapkan kepada Bapak Bupati yang sudah memberi suport dan melepaskan keberangkatan Dita sebagai perwakilan Karimun ke Nasional. Dan juga kepada pihak Sekolah, Pelatih, Pembina, Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora), serta masyarakat Kabupaten Karimun. Dengan adanya doa dan motivasi dari semuanya pihak, Dita bisa mewujudkan harapannya berada di Istana sebagai Duta Pancasila,” ucap Meli.

Di waktu yang berbeda, Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga (Kadispora) Kabupaten Karimun kepada awak Media ini turut mengutarakan kebanggaannya atas prestasi yang diraih oleh Dita yang merupakan pelajar dari perakilan Kabupaten Karimun.

“Hal ini membuktikan, bahwa siswa – siswi kita memiliki potensi dan segudang prestasi. Tidak hanya di tingkat Nasional, namun ditingkat Provinsi juga dari Karimun mengirimkan perwakilan Paskibraka,” ujar Usman sekitar pukul 15.30 wib melalui pesan Whatsapp.

Lebih lanjut, Usman menegaskan bahwa prestasi yang raih itu, tidak lepas dari peranan orang tua dan guru. Dirinya juga berpesan kepada para Purna Paskibraka tetap terus berlatih dan berusaha semaksimal mungkin, agar prestasi yang baru dapat juga di raih.

“Harapan kedepannya lebih banyak lagi yang lolos sebagai Paskibraka tingkat Provinsi, maupun Nasional, serta dapat memperhatikan tradisi keikutsertaan perwakilan kita di Paskibraka. Kepada yang terpilih mewakili Provinsi dan Nasional, kembalilah ke Sekolah agar dapat membagikan pengetahuan dan pengalaman kepada adik kelasnya, sehingga mereka juga bisa termotivasi dan dapat menghasilkan calon – calon Paskibraka untuk tahun depan”. tutur Usman. (IWD).

Editor : Milla

Related Articles

- Advertisement -spot_img

Latest Articles