Kamis, April 25, 2024
spot_img

IPAL Batamcenter Pilih Green Teknologi Untuk Hilangkan Bau Limbah Domestik Melalui Pemanfaatan Bakteri Ecotru

Aman Dan Berbahan Organik, IPAL Batam Centre Gunakan Bakteri Ecotru Untuk Turunkan Parameter Limbah Cair

Batam, GK.com Guna menghilangkan bau limbah, Instalasi Pengolahan Air Limbah (IPAL) Batam Centre memanfaatkan Bakteri Ecotru Aman dan Berbahan Organik yang dapat menurunkan parameter limbah cair industri, rumah tangga, medis, hotel maupun restoran.

Untuk diketahui, masyarakat yang berada di area Pasir Putih, beberapa waktu lalu sempat mengeluhkan bau tidak sedap yang disebabkan dari limbah, hingga berujung demo. Menyikapi hal tersebut PT. Esa Maha Karya Tunggal (EMKT) langsung mengambil langkah untuk mengatasinya.


CEO PT. Esa Maha Karya Tunggal, Eka Lestari Sinaga menjelaskan, pihaknya telah mengambil langkah yang tepat dan akurat untuk menghilangkan bau dan meminimalisir dampak lingkungan atas limbah cair yang tak dapat terhindarkan.


“Pemanfaatan Bakteri Ecotru secara efektif menurunkan parameter limbah agar dapat aman di kembalikan ke lingkungan. Warna, bau dan parameter limbah lainnya bisa di turunkan di bawah standar baku mutu air, sehingga air tersebut aman terhadap lingkungan,” ungkap Eka Lestari, Selasa (26/07/2022).

“Selain menurunkan bau atau sebagai odor control, Bakteri Ecotru dipastikan dapat menurunkan parameter Biological Oxygen Demand (BOD), Chemical Oxygen Demand (COD), Ammonia (NH3), Total Suspended Solid (TSS), Oil and Grease dan Total Coliform,” terang Eka Lestari.


Ditambahkan Eka Lestari, pihaknya juga telah menjalin kerjasama dengan beberapa pihak Pemerintah maupun swasta mulai dari Jakarta, Bekasi, Jawa Timur, Jawa Tengah, Bali, Sumatera hingga Kota Batam.

“Beberapa perusahaan sudah bekerjasama, karena kemampuan Bakteri Ecotru menghilangkan bau tanpa perlu proses kimia. Jadi, memang sangat baik sebagai penghilang bau dan odor kontrol limbah domestik termasuk limbah tinja,” paparnya.


Sementara itu, technical support dari PT. EMKT Jhon Toga menjelaskan bahwa, Bacteria Ecotru adalah kombinasi hebat dari mikroorganisme aktif yang menciptakan campuran enzim dengan kemampuan luar biasa, sebagai super katalase enzim yang dapat menguraikan berbagai senyawa dan mengembalikan keseimbangan lingkungan. Kekuatan Bacteria Ecotru terletak pada enzim baru yang bekerja secara alami yang di kenal sebagai Super Katalase.


“Protein ini menciptakan kenaikan kecepatan kinetic untuk semua enzim lainnya yaitu 1.000 atau lebih dari kecepatan normal. Ya, di aktivasi terlebih dahulu selama 24 jam lah. Lalu kita spray setelah aktif,” jelas Jhon Toga.


Bakteri Ecotru ini menciptakan Pediocins yang berfungsi sebagai inhibitor bakteri – bakteri pathogen, seperti E.coli, Salmonella, Staphylococcus Aureus, Vibrio, Cholerae, Shigella, Pseudomonas, dan lain – lain.


“Kemampuan utama Bakteri Ecotru adalah dapat bertahan dan beradaptasi terhadap perubahan pada suhu dan lingkungan yang ekstrim. Kekuatan ini hanya dimiliki bakteri ecotru. Ini dikarenakan adanya kombinasi satu bakteri Pediococcus Pentosacecous dan 2 Yeast, yaitu Pichia Farinusa & Dekkera”. pungkasnya. (Ist).

Editor : Milla

Related Articles

- Advertisement -spot_img

Latest Articles