Minggu, Mei 19, 2024
spot_img

3 Produk Olahan  Toga TP PKK Kelurahan Harjosari

Karimun, GK.comDalam mengelola Tanaman Obat Keluarga (Toga) atau yang biasa di kenal dengan apotik hidup yang ditanam pada area di sekeliling rumah, Tim Penggerak Pembinaan Kesejahteraan Keluarga (TP PKK) Kelurahan Harjosari bekerja sama dengan TP PKK Kecamatan Tebing.

Disampaikan oleh Ketua TP PKK Kelurahan Harjosari, Ny. Aisha Faisal terkait pengelolaan Toga ada tiga produk kreatif yang di kelola, diantaranya ada Puding Daun Kelor, Jus Pegagan, dan Jamu Empon-empon.

“Produk tersebut bahan utama nya berasal dari tanaman kunyit yang di ambil dari Kebun Toga Kunyit Asam Binaan di TP PKK Kelurahan Harjosari. Kita berharap kedepannya produk Toga ini bisa bersaing di pasar kuliner Karimun. Dengan mengajak masyarakat Karimun untuk dapat membudayakan menanam serta mengkonsumsi Toga,” ujar Aisha, Jumat (03/06/2022) melalui via WhatsApp sekitar pukul 11.40 Wib.

Sementara itu, Lurah Harjosari Said Faisal Nugraha saat di temui oleh awak Media ini sangat mengapresiasi kegiatan yang diproduksi oleh TP PKK Kelurahan Harjosari.

“TP PKK mampu memperdayakan fungsi mereka sehingga bisa memproduksi Toga sebagai minuman dan makanan yang berkhasiat, tentu ini membuktikan bahwa perempuan bukan sekedar pengurus rumah tangga saja, tetapi mereka juga mampu menggerakkan ekonomi keluarga,” kata Faishal di Ruang Kerjanya.

Tak ketinggalan, saat itu, Faisal juga menjelaskan kembali sejarah kemenangan yang pernah di raih TP PKK Kelurahan Harjosari.

“Sebelumnya tahun 2018 Kelurahan Harjosari pernah meraih juara hingga ke tingkat Nasional dalam memproduksi Toga, sehingga mereka sudah mahir dalam memproduksi Toga dengan berbagai olahan”. ucapnya. (RP).

Editor : Milla

Related Articles

- Advertisement -spot_img

Latest Articles