Beranda Kepulauan Riau Karimun Ulat Gagak Resahkan Warga

Ulat Gagak Resahkan Warga

0
Terlihat Ulat Gagak masuk di pekarangan rumah warga. (ist)
Terlihat Ulat Gagak masuk di pekarangan rumah warga. (ist)

Karimun, GK.com – Sejumlah warga di Kecamatan Meral, Kabupaten Karimun mengeluhkan adanya serangan ulat gagak yang menyebar di Perkebuna, Selokan, Jalanan hingga masuk ke permukiman penduduk, Rabu  (11/05/2022).

Kehadiran ribuan ulat seukuran jari kelingking orang dewasa yang berwarna hitam itu juga dianggap sangat mengganggu, serta mengakibatkan penyakit gatal – gatal bagi yang menyentuhnya.

Menyikapi hal tersebut, Kepala Dinas Pertanian dan Pangan Kabupaten Karimun M. Sukrianto akan segera menindaklanjuti laporan yang di infokan dari awak Media ini.

“Akan segera kita telusuri dan kita tindak lanjutinya dengan cara menyemprotkan racun pembasmi. Namun kita juga harus berhati – hati dalam hal ini, dikarenakan yang akan kita lakukan ini merupakan penyemprotan racun, jadi kita harus berkoordinasi terlebih dahulu kepada RT, RW dan warga,” ujar Syukri, Kamis (12/05/2022) sekitar pukul 11.50 Wib.

“Hampir setiap tahun, memang ada beberapa tempat yang menjadi tempat langganan munculnya ulat tersebut, salah satunya seperti di daerah Bukit Senang, Kecamatan Karimun,” ungkap Syukri.

“Kita akan bekerja sama dengan Stakeholder yang ada untuk berupaya keras dalam membasmi penyakit tahunan ini. Diharapkan kepada masyarakat jika menemukan hal serupa, jangan panik dan segera untuk melaporkan kepada kita,” tegasnya.

Hal serupa juga turut disampaikan oleh Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Rita Agustina yang menyampaikan bahwa, serangan ulat tersebut termasuk hama penyakit tanaman.

“Kalau sudah penyebaran seperti ini, harus segera di kendalikan secara efektif dengan bahan insectisida. Insectisida dengan dosis dan waktu yang tepat, dan cukup ramah lingkungan,” sebut Rita.

“Saya akan berkoordinasi terlebih dahulu dengan Bidang Pengendalian Lingkungan Hidup untuk mencari solusi sekaligus membasminya”. pungkasnya. (IWD).

Editor : Milla