Jumat, Juli 26, 2024
spot_img

Pemkab Karimun Jadi Daerah Pertama yang Menerapkan Nilai – Nilai BerAKHLAK

Karimun, GK.com – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Karimun terpilih untuk pertama kalinya melaunching program Internalisasi Core Values atau Nilai – nilai BerAKHLAK serta employer branding Aparatur Sipil Negara (ASN) yang dicetuskan oleh Presiden Republik Indonesia Ir. Joko Widodo pada 27 Juli 2021 silam.

BerAKHLAK yang harus diimplementasikan oleh ASN  merupakan singkatan dari Berorientasi Pelayanan, Akuntabel, Kompeten, Harmonis, Loyal, Adaptif, dan Kolaboratif. Program tersebut di launcing secara langsung oleh Sekretaris Jenderal (Sekjen) Kemendagri, Dr H Suhajar Diantoro M. Si.

Dalam sambutannya, Sekjen Kemendagri, Dr H Suhajar Diantoro menyampaikan bahwa, peluncuran Core Values BerAKHLAK ini bertujuan untuk menyatukan budaya kerja bagi ASN baik di tingkat Pusat maupun Daerah.

“Bapak Presiden ingin agar seluruh ASN memiliki budaya kerja yang sama, maka ditetapkan lah saat ini semuanya harus sama yang disebut BerAKHLAK. Program ini orientasinya adalah bagaimana upaya ASN semakin mampu untuk memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat, seiring perubahan zaman,” ujar Suhajar.

Dirinya juga mengingatkan kepada seluruh ASN bahwasannya, tugas mereka ialah memberikan pelayanan yang terbaik kepada masyarakat. Kemudian, seorang ASN juga harus mampu menempatkan posisinya berada di bawah rakyat selaku ASN.

“Kata kuncinya adalah pelayanan, makanya hari ini kita sepakat dan meyakini bersama-sama untuk merubah budaya kerja kita. Budaya kerja saat ini harus memiliki nilai-nilai BerAKHLAK agar pelayanan kepada masyarakat semakin lebih baik,” ungkap Suhajar.

Sementara itu, Bupati Karimun Aunur Rafiq menyampaikan rasa syukurnya kepada Kemendagri karena memilih Kabupaten Karimun sebagai Daerah pertama yang mendapatkan internalisasi program Core Values dan BerAKHLAK.

“Internalisasi ini merupakan suatu hal yang sangat luar biasa dan patut kita syukuri dan dibanggakan. Atas nama Pemkab Karimun, saya mengucapkan ribuan terima kasih kepada Kemendagri,” ucap Aunur Rafiq.

Aunur Rafiq juga menyampaikan bahwa, Pemkab Karimun mendukung penuh dan sangat siap untuk bertransformasi ke depannya dalam mewujudkan ASN dengan Core Values.

“Pemkab Karimun sangat siap, kita akan bertransformasi dengan mengubah mindset ASN dari yang dilayani menjadi melayani demi kepentingan masyarakat. Saya yakin, ASN di Karimun bisa lebih menerapkan nilai-nilai BerAKHLAK ini”. tutupnya.

Kesiapan menjalankan program tersebut ditandai dengan pernyataan komitmen oleh masing-masing Kepala OPD, disertai dengan diluncurkannya tagline ‘ASN BerAKHLAK, Karimun Bangkit, Bangga Melayani Bangsa dan Berkarya.

Dalam internalisasinya, Sekjen Kemendagri juga menggandeng Founder ESQ Leadership Center, Dr (HC) Ary Ginanjar Agustian yang merupakan seorang motivator ternama di tanah air untuk memberikan pemahaman kepada ASN di lingkungan Pemkab Karimun. (Red/Ist).

Editor : Milla

Related Articles

- Advertisement -spot_img

Latest Articles

- Advertisement -Seedbacklink