Beranda Kepulauan Riau Tanjungpinang Dinas PUPR Tanjungpinang Ungkap Faktor Utama Penyebab Banjir

Dinas PUPR Tanjungpinang Ungkap Faktor Utama Penyebab Banjir

397
0
Plt Kepala Dinas PUPR Kota Tanjungpinang, Zulhidayat

Tanjungpinang, GK.com – Plt Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kota Tanjungpinang, Zulhidayat menegaskan bahwa faktor ruang maupun pola ruang bukanlah penyebab utama dalam bencana alam seperti banjir dan tanah longsong yang baru pekan lalu menimpa Kota Tanjungpinang.

Kepada Awak Media ini, Zulhidayat mengatakan bahwa pakar cuaca menyebutkan fenomena La Nina terjadi akibat adanya curah hujan yang cukup ekstrem bersamaan dengan pasangnya air laut dan turunnya curah hujan yang tinggi, hingga membuat banjir terjadi di beberapa titik Kota Tanjungpinang.

Baca Juga :

“Kalau penyebabnya hanya penimbunan atau pengatur pola ruang kita, lantas mengapa Singapura dan Johor yang menata dengan baik kawasanya, juga terjadi bencana serupa,” kata Zulhidayat, Senin (18/1) siang di Kantornya.

Ia berharap, kejadian bencana alam yang dialami Kota Tanjungpinang dan sekitarnya secara terus menerus sejak awal Tahun 2021 dapat dijadikan sebagai pembelajaran untuk tidak membuang sampah sembarangan.

“Ketika kita lihat di penyaluran air, banyak ditemukan barang-barang bekas seperti kulkas, lemari dan spring bed yang dibuang, belum lagi dengan sampah–sampah kecilnya,” ungkap Zulhidayat.

“Masyarakat juga jangan mau membangun rumah di atas saluran air”. tutupnya. (Fit).

Editor : Febri