Beranda Kepulauan Riau Tanjungpinang Komisi III DPRD Tanjungpinang Sidak Lokasi Penimbunan Penyebab Banjir

Komisi III DPRD Tanjungpinang Sidak Lokasi Penimbunan Penyebab Banjir

514
0

Tanjungpinang, GK.com – Tampaknya hampir setiap sudut Kota Tanjungpinang memiliki titik rawan banjir, yang mana selain sampah sebagai penyebabnya, banjir juga dipicu dari adanya penimbunan yang dilakukan oleh pihak-pihak yang tidak bertanggung jawab.

Kepada Awak Media ini, Sekretaris Komisi III DPRD Tanjungpinang, Ashady Selayar mengungkapkan bahwa, terdapat titik yang menjadi temuan Komisi III terkait adanya penimbunan yang dilakukan secara sengaja oleh pihak Developer sehingga menyebabkan banjir di Bumi Indah, Taman Seraya dan sekitar Taman Batu 10 Tanjungpinang.

“Adanya penimbunan danau yang termasuk dalam Ruang Terbuka Hijau (RTH), sehingga menyebabkan daya tampung air semakin berkurang, yang dikhawatirkan memicu banjir,” kata Ashady, Selasa (12/11) di Taman Batu 10 Tanjungpinang.

“Kita meminta PU untuk membuat gambar terbaru melalui drone yang nanti akan kita overlaykan dengan peta RDTR untuk sinkronisasi,” katanya.

Terkait penimbunan yang dilakukan oleh Developer, Ashady menegaskan bahwa Komisi III meminta agar segera dilakukan pengerukan kembali, karena menurutnya dengan menyempitnya RTH, sehingga daya tampung menjadi berkurang dan menyebabkan tergenangnya air di Perumahan Griya Bestari Permai 3 dan Bumi Indah.

“Selain mengurangi luas RTH yang merupakan daerah peresapan air, penimbunan dikhawatirkan juga akan merubah alur Sungai Carang, yang tadinya berbelok-belok, kini telah lurus,” terangnya.

“Untuk itu, Komisi III meminta Pemerintah Kota Tanjungpinang serius dalam penanganan banjir dan lebih selektif dalam memberikan perizinan”. pungkasnya. (MFS).

Editor : Febri