Beranda Kepulauan Riau Karimun Waspada Dan Siaga, BMKG Karimun Peringatkan Cuaca Ekstrem

Waspada Dan Siaga, BMKG Karimun Peringatkan Cuaca Ekstrem

443
0

Karimun, GK.com – Melihat kondisi curah hujan yang kembali mengguyur hampir seluruh wilayah Kepulauan Riau, Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Karimun memperkirakan selama sepekan kedepan sebagian besar wilayah di Kepri masih menghadapi potensi cuaca ekstrem menurut prakiraan cuaca.

Kepada Media ini, Kepala BMKG Karimun, Raden Eko Sarjono menjelaskan, potensi cuaca ekstrem berupa hujan lebat bahkan disertai angin kencang yang terjadi saat ini dikarenan terdapat belokan angin dan adanya sirkulasi siklonik di wilayah Kalimantan Barat.

“Ini menyebabkan penumpukan masa udara dan perlambatan kecepatan angin, sehingga pembentukan awan di Wilayah Kepulauan Riau cenderung lebih signifikan, sehingga dampak curah hujan lebih meningkat,” jelasnya, Minggu (10/1) siang melalui panggilan suara.

Raden Eko mengatakan, jika dilihat secara musim, diawali pada bulan September hingga Maret memang curah hujan di Wilayah Indonesia secara umum meningkat.

“Sedangkan untuk Wilayah Kepri yang sebenarnya wilayah non zona musim tetap akan berdampak, karena yang bertiup sekarang merupakan angin Barat,” katanya.

Berdasarkan kondisi tersebut, BMKG Karimun memprakirakan dalam sepekan ke depan kondisi cuaca ekstrem seperti hujan lebat yang disertai kilat atau petir dan angin kencang berpotensi masih akan terjadi di Wilayah Kepri.

Raden Eko mengimbau kepada warga Kepulauan Riau, khususnya Karimun dan pengguna transportasi laut tetap waspada dan mematuhi aturan Syahbandar.

“Tetap mewaspadai potensi kondisi cuaca ekstrem yang dapat menimbulkan bencana, seperti banjir dan tanah longsor”. pungkasnya. (RC).

Editor : Febri