Beranda Politik Bawaslu Tetapkan Dugaan Pelanggaran Kampanye Oleh Walikota Tanjungpinang Sebagai Temuan

Bawaslu Tetapkan Dugaan Pelanggaran Kampanye Oleh Walikota Tanjungpinang Sebagai Temuan

203
0
Ketua Bawaslu Kota Tanjungpinang, Muhammad Zaini

Tanjungpinang, GK.com – Tindak lanjuti dugaan pelanggaran masa kampanye yang dilakukan oleh Hj. Rahma S.IP beberapa waktu lalu, Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kota Tanjungpinang adakan Rapat Pleno untuk membahas permasalahan tersebut.

Ketua Bawaslu Kota Tanjungpinang, Muhammad Zaini, usai menghadiri Rapat Pleno pada Kamis (05/11) sekitar pukul 19.00 Wib, di Kantor Bawaslu Kota Tanjungpinang mengatakan, “selama 7 hari, penelusuran yang dilakukan Bawaslu Kota Tanjungpinang beserta jajaran terkait dugaan tersebut, kami menetapkannya menjadi temuan,” ujarnya.

Baca juga :


Zaini juga menjelaskan, penetapan ini berdasarkan dengan Perbawaslu Nomor 8 Tahun 2020 tentang penanganan, pelanggaran pemilihan Gubenur, Walikota, dan Bupati.

“Dalam pasal 20 dijelaskan bahwa kebenaran berupa dugaan pelanggaran, laporan hasil pengawasan yang sudah ditelusuri, maka diputuskan melalui Rapat Pleno untuk dijadikan temuan,” kata Zaini.

“Jadi, saat ini hasil penelusuran selama kurang lebih 7 hari, serta dari hasil keterangan dan bukti-bukti dilapangan, Bawaslu Kota Tanjungpinang menetapkannya menjadi temuan,” tegasnya.

Ia juga mengatakan bahwa akan dilakukan pembahasan pertama besama Sentra Gakkumdu, Kepolisian, dan Kejaksaan.

“Selanjutnya kita akan melakukan pembahasan pertama besama Sentra Gakkumdu, Kepolisian, dan juga Kejaksaan untuk menentukan kepenuhan syarat formil dan materil, serta pasal apa yang akan disangkakan”. tutupnya. (FR).

Editor : Febri