Beranda Kesehatan Satu Pasien Probable Covid-19 di Karimun Meninggal Dunia

Satu Pasien Probable Covid-19 di Karimun Meninggal Dunia

1612
0

Karimun, GK.com – Salah satu warga Kabupaten Karimun, Kepulauan Riau yang meninggal dunia pada hari Jum’at (25/9) sekitar pukul 20.00 Wib, kini telah dimakamkan secara protokol kesehatan penanganan Covid-19, pada Sabtu (26/09) pagi.

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Karimun, Rachmadi mengatakan, warga Karimun tersebut adalah pasien probable Covid-19 (suspek dengan gejala berat), adapun hasil yang keluar dari BTKL-PP Kota Batam pada pukul 16.00 Wib adalah Negatif Covid-19.

“Pasien merupakan Pria usia 54 tahun warga Bukit Sidomulyo, setelah dilakukan 2 kali tes PCR Swab hasilnya adalah Negatif,” ungkap Rachmadi melalui pesan Whatsaap.

Rachmadi juga menyampaikan untuk proses pemakaman pasien probable tersebut memang harus dilakukan sesuai protokol kesehatan guna mengantisipasi penyebaran, karena disaat proses pemakaman hasil swabnya belum keluar.

“Kita lengkapi semua petugas penguburan dan penanganan pasien dengan Alat Pelindung Diri (APD) lengkap,” jelasnya.

Sementara itu, Ketua DPW Front Pembela Islam (FPI) Karimun, Syarifudin yang memimpin langsung pelaksanaan Sholat jenazah pasien Probable tersebut mengatakan, meskipun pelaksanaan dilakukan dengan protokol kesehatan, namun tetap memperhatikan ketentuan dan syariat yang berlaku.

“Alhamdulilah, saya dapat kabar bahwa pasien probable yang meninggal tadi Negatif Covid-19, saat proses Sholat jenazah tersebut memang harus mengikuti standart protokol kesehatan agar dapat mengantisipasi sambil menunggu hasil swabnya keluar,” ujar Syarifudin.

Ia juga mengatakan, pelaksanaan proses penguburan jenazah pasien probable tersebut dilaksanakan oleh sukarelawan dari para anggota dan pengurus FPI Karimun.

“Para pengurus dan anggota dari FPI Karimun menjadi sukarelawan untuk melakukan proses penguburan jenazah tersebut, mereka telah dilengkapi dengan APD lengkap agar dapat menghindari hal yang tidak diinginkan,” tuturnya.

Diwaktu yang berbeda, Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Karimun juga kembali mengumumkan adanya satu tambahan kasus baru terkonfirmasi Covid-19 di Karimun.

“Kembali kami sampaikan kepada teman Media bahwa, ada tambahan kasus baru Covid-19 di Karimun, yaitu pria berusia 48 Tahun Warga Harjosari, Kecamatan Tebing,” ujar Rachmadi.

Rachmadi menyampaikan, warga Harjosari ini menimbulkan gejala batuk-batuk setelah melakukan perjalanan dari Jakarta.

“Saat ini pasien sudah mendapatkan perawatan di RSUD Muhamad Sani Karimun, dan semoga hasil tes Swab kedua hasilnya Negatif,” ujarnya.

Dengan kembali adanya penambahan pasien positif terpapar Covid-19 di Kabupaten Karimun, kini jumlah total keseluruhan pasien yang telah ditangani sebanyak 40 orang, dan yang telah sembuh sebanyak 38 orang, 1 orang pasien meninggal dunia, serta 1 orang lainnya sedang dalam masa perawatan. (RC).

Editor : Febri