Beranda Advetorial Kebutuhan Sayuran Membesar, Rahma Giatkan Pelatihan Hidroponik

Kebutuhan Sayuran Membesar, Rahma Giatkan Pelatihan Hidroponik

30
0

Tanjungpinang, GK.com – Saat ini, kebutuhan bahan pokok, termasuk sayuran untuk memenuhi kebutuhan masyarakat semakin besar. Untuk itu, Plt Walikota Tanjungpinang, Hj. Rahma, S.IP membuka Giat Sosialisasi dan Pelatihan Tanaman Hidroponik bagi warga di lingkungan RT03/RW05 Kelurahan Pinang Kencana, yang dilaksanakan di Gedung Serba Guna RT03/RW05 Perum Hangtuah Permai Tanjungpinang, Minggu (13/9) pagi.

Dalam sambutannya, Rahma mengatakan bahwa kebutuhan sayuran di Kota Tanjungpinang sangat besar, terlebih dari proses penanaman secara hidroponik menjadi sebuah pilihan alternatif, karena lebih sehat dan proses penanamannya tidak terlalu memerlukan lahan yang luas.

“Dengan demikian, kita harus terus belajar untuk menanam sayuran hidroponik, karena sayur adalah sumber vitamin dan anti oksidan yang di butuhkan untuk kesehatan tubuh manusia,” ujar Rahma.

Dikatakan Rahma, pada sosialisasi dan pelatihan tersebut, para peserta diberikan ilmu bagaimana metode dan cara untuk menanam hidroponik dengan memakai barang-barang plastik atau daur ulang.

Plt Walikota Tanjungpinang, Hj. Rahma, S.IP saat memberikan kata sambutan

“Hidroponik yang ditanam dengan sirkulasi air menggunakan paralon ini cukup mudah dan praktis tanpa memerlukan lahan yang luas, atau bisa juga memakai botol air mineral bekas,” jelasnya.

“Dengan hidroponik yang terus dikembangkan ini, kita bisa memproduksi sayuran yang higienis dan sehat untuk kebutuhan lokal kita,” lanjut Rahma.

Pada kesempatan itu, Ia juga mengajak masyarakat untuk bergerak melakukan antisipasi, salah satunya dengan bergiat hidroponik dan sebagai salah satu upaya menguatkan ketahanan pangan.

“Kita bercocok tanam di lahan yang terbatas, semoga kedepannya kegiatan seperti ini dapat terus dilaksanakan dan juga dapat diikuti oleh warga masyarakat Kelurahan dan RT/RW lainnya yang ada di Kota Tanjungpinang,” tutup Rahma.

Dalam kesempatan tersebut, Rahma juga meninjau hasil kreatifitas yang dikerjakan oleh ibu-ibu di lingkungan RT03/RW05.

Turut hadir Narasumber dari Kepulauan Riau Deddy Hidayat S.Pt. M.Pt, Camat Tanjungpinang Timur Fery Andana, S.STP, M.Si, Lurah Pinang Kencana Husain Alhamid, S.IP, Bhabinkamtibmas Pinang Kencana AIPDA Abdul Ghafur Alhas, RT/RW serta warga di lingkungan RT03/RW05. (Red/Hms).

Editor : Febri