Beranda Serba-Serbi Advetorial RS Khusus Covid-19 Galang Batam Resmi Beroperasi, Ketua DPRD : Semoga Tidak...

RS Khusus Covid-19 Galang Batam Resmi Beroperasi, Ketua DPRD : Semoga Tidak Ada Pasien Yang Menempatinya

149
0

Batam, GK.com – Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kepri, Jumaga Nadeak hadiri peresmian Rumah Sakit khusus Corona di Pulau Galang, Senin (6/4).

Pada acara peresmian yang digelar oleh jajaran TNI yang tergabung dalam Komando Tugas Gabungan Terpadu I/BB, Satgas Penanganan Covid-19 Galang itu, juga turut disaksikan oleh Plt Gubernur Kepri, Kapolda Kepri, Kajati Kepri, Danlantamal IV Tanjungpinang, Wali Kota Batam, Danlanud RHF, Kepala Balai PUPR Kepri, Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Provinsi Kepri, Direktur Utama PT Waskita Karya (Persero) Tbk, dan Direktur Utama PT Wijaya Karya (Persero) Tbk, serta tamu undangan lainnya.

Ketua DPRD Kepri, Jumaga Nadeak bersama Plt Gubernur Kepri, H.Isdianto dan jajarannya

Dalam siaran tertulis, Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Kepri sekaligus Juru Bicara Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Provinsi Kepulauan Riau, Tjetjep Yudiana mengatakan, ada tiga klaster yang ada di Rumah Sakit tersebut, yakni Klaster Orang Tanpa Gejala (OTG), Pasien Dalam Pengawasan (PDP) dan ICU untuk pasien positif Covid-19.

“Klaster OTG ada 260 kamar, Klaster PDP sebanyak 100 kamar, dan 20 kamar ICU untuk pasien positif Covid-19,” kata Tjetjep.

Lanjutnya, sekitar 50 Tenaga Medis dan Paramedis yang menjadi sukarelawan saat ini siap diterjunkan, dan Kementerian Kesehatan akan mengirimkan sekitar 100 Tenaga Medis dan Paramedis untuk memperkuat SDM di Rumah Sakit Galang.
“Berdasarkan kewenangan yang di limpahkan Pemerihtah Pusat, Dinas Kesehatan Kepri untuk Rumah Sakit Galang menyiapkan 200 Tenaga Medis dan Non Medis ” ucap Tjetjep.

Ketua DPRD Kepri, Jumaga Nadeak dalam perbincangan terkait RS khusus Corona 

Sementara untuk tenaga Non Medis yang dibutuhkan di rumah sakit sudah mulai direkrut sejak beberapa pekan lalu, hal itu menjadi tanggungan Pemerintah Daerah, Pemerintah Provinsi Kepri dan Pemerintah Kota Batam.

Sementara itu, Ketua DPRD Kepri, Jumaga Nadeak dikesempatan berbeda mengatakan bahwa, pihaknya mendukung penuh kebijakan Pemerintah Pusat dalam menyiapkan infrastruktur, Tenaga Medis, dan Paramedis di Rumah Sakit khusus Infeksi Covid-19 di Pulau Galang. Untuk penanganan pandemik ini, DPRD Kepri juga telah merekomendasikan dana tanggap darurat sebesar Rp 40 miliar.

“DPRD Kepri juga akan melakukan pengawasan ke fasilitas-fasilitas kesehatan di seluruh Provinsi, guna kelancaran penanganan warga terkait dengan pandemi Covid-19, sehingga nantinya jika ada hambatan dapat langsung dicarikan solusinya segera,” ujar Jumaga Nadeak.

Ketua DPRD Kepri juga berharap, Ruang Perawatan di Rumah Sakit ini tidak ada yang menempati, yang artinya tidak adanya Pasien Covid-19 di Kepri, dan semoga masyarakat senantiasa sehat serta terhindar dari penyakit yang telah menginfeksi hingga jutaan orang di dunia ini.

“Kami berharap bencana ini segera berakhir, sehingga tidak ada pasien di RS Galang”. pungkas Jumaga. (Red/Hms).

Editor : Febri