Beranda Kepulauan Riau Batam Nuryanto Kembali Jabat Pimpinan DPRD Batam

Nuryanto Kembali Jabat Pimpinan DPRD Batam

61
0

Batam, GK.com – Dalam Rapat Paripurna Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Batam beragendakan pengumuman dan penetapan calon Pimpinan definitif DPRD Kota Batam,  Nuryanto ditetapkan sebagai Ketua DPRD Kota Batam masa jabatan 2019-2024.

Terpilihnya Nuryanto yang berasal dari  Partai PDI Perjuangan itu,  disaksikan oleh Putra Yustisi Respaty sebagai Pimpinan Sementara DPRD Kota Batam yang saat itu memimpin Rapat tersebut, serta dihadiri oleh Wakil Ketua DPRD Batam Muhammad Kamaluddin, Sekretaris Daerah (Sekdako) Batam Jefridin beserta 42 anggota DPRD yang hadir pada Kamis (12/9), di Ruang Sidang Utama DPRD, Batam Centre.

“Penetapan calon Ketua DPRD Batam, berdasarkan ketentuan Pimpinan yang berasal dari Partai Politik (Parpol) dengan perolehan suara terbanyak di DPRD Kota Batam,” terang Putra Yustisi.

Dikesempatan itu, selain mengumumkan nama Ketua DPRD Definitif, disampaikan juga nama-nama Wakil Ketua Definitif I, II dan III DPRD Kota Batam untuk periode 2019-2024.

“Adapun yang mendampingi Nuryanto adalah, Muhammad Kamaluddin dari Nasdem sebagai Wakil Ketua I, lalu Wakil Ketua II diduduki oleh Ruslan Ali Wasyim dari Golkar, sementara Iman Sutiawan dari Gerindra ada di posisi Wakil Ketua III DPRD Kota Batam,” sebut Putra.

Seperti diketahui, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Batam merincikan peroleh suara yang diperoleh empat Partai yang menduduki posisi Ketua DPRD dan Wakil Ketua DPRD Kota Batam dengan perolehan suara diantaranya, PDI Perjuangan memperoleh delapan kursi dengan perolehan 76.811 suara, Nasional Demokrat (Nasdem) tujuh kursi 77.761 suara, Golongan Karya (Golkar) tujuh kursi dengan 51.698 suara, dan Gerakan Indonesia Rakyat (Gerindra) enam kursi dengan 65.059 suara.

“Hal ini berdasarkan keputusan Gubernur tentang peresmian Anggota DPRD periode 2019-2024 dan anggota DPRD sudah mengucapkan janji saat Paripurna 29 Agustus kemarin. Penetapan serta pengumuman ini adalah berdasarkan peraturan yang ada,” ucap Putra.

Disampaikan kembali oleh Putra,  bahwa sebelumnya, Pimpinan sementara DPRD Kota Batam diberi tugas memfasilitasi pimpinan DPRD Definitif.  Selanjutnya, dari keempat Parpol yang memperoleh suara terbanyak ini mengirimkan surat ke DPRD Kota Batam terkait nama-nama pimpinan yang diusulkan. (Red).

Editor : Milla