Jumat, Juli 19, 2024
spot_img

Optimalisasi Layanan Keimigrasian Tanjungpinang Di MPP Untuk Kemudahan Pembuatan Paspor

Tanjungpinang, GK.com — Sebuah langkah maju dalam pelayanan publik diresmikan di Kota Tanjungpinang, dengan diadakannya sosialisasi pelayanan Keimigrasian yang berlangsung di Ruang Rapat Mall Pelayanan Publik (MPP), Kamis (13/06/2024).

Mewakili Kepala Kantor Imigrasi Kelas I TPI, Ryawantri Nur Fatimah selaku Seksi Teknologi Informasi dan Komunikasi Keimigrasian Tanjungpinang menjelaskan, terselenggaranya sosialisasi ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman masyarakat tentang prosedur dan layanan pembuatan paspor yang kini tersedia di MPP.

“Untuk saat ini, layanan di MPP terbatas pada penggantian paspor yang telah habis masa berlakunya atau halaman yang penuh, itu juga hanya tersedia bagi warga dengan KTP Tanjungpinang,” terang Ryawantri.

“Keterbatasan ini disebabkan salah satunya oleh jumlah Sumber Daya Manusia yang terbatas dan pertimbangan keamanan. Kami hanya memiliki satu petugas Imigrasi di MPP dan perlu melakukan profiling yang ketat untuk mencegah hal-hal yang tidak diinginkan,” paparnya.

“Jadi, warga dengan KTP luar Tanjungpinang diarahkan untuk mendatangi Kantor Imigrasi langsung yang dapat mengakomodir semua jenis pelayanan paspor.l,” harapnya.

“MPP Tanjungpinang saat ini memiliki kuota 15 orang per hari dan melayani tanpa perlu pendaftaran melalui aplikasi M-Paspor, cukup dengan datang langsung,” tambahnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Kota Tanjungpinang, Adi Firmansyah menuturkan,
“Sebagai Aparatur Negara, kami berkomitmen untuk melayani dan memfasilitasi masyarakat. Kami berharap kerja sama dengan Kantor Imigrasi ini akan meningkatkan fungsi MPP dan memudahkan masyarakat dalam pengurusan paspor”, katanya.

“Antusiasme masyarakat terhadap layanan ini sangat tinggi, hal ini dapat terlihat dengan beberapa warga yang datang sebelum MPP di buka,” ucapnya.

“Dengan total 36 Instansi yang telah memanfaatkan fasilitas gedung MPP, terdapat 195 jenis layanan tersedia untuk masyarakat. Harapan ke depan adalah peningkatan kuota pengurusan di MPP untuk memenuhi permintaan yang terus bertumbuh”. pungkasnya.

Acara dimulai sekitar pukul 09.00 WIB, dan berakhir pada pukul 10.30 WIB. (siska).

Related Articles

- Advertisement -spot_img

Latest Articles

- Advertisement -Seedbacklink