Minggu, Mei 19, 2024
spot_img

Gubernur Ansar, Membuka MTQ ke-16 di Kabupaten Karimun

Karimun, GK.com – Dalam suasana yang meriah, Gubernur Kepulauan Riau, H. Ansar Ahmad, telah resmi membuka Musabaqah Tilawatil Qur’an (MTQ) ke-16 tingkat Kabupaten Karimun pada tahun 2024. Acara pembukaan ini berlangsung di Coastal Area, Kabupaten Karimun, pada malam Selasa, 16 April.

Pembukaan MTQ ditandai dengan pemukulan bedug oleh Gubernur Ansar, yang didampingi oleh Bupati Karimun, Wakil Bupati, dan tamu undangan lainnya. Acara ini diawali dengan khotmil Quran.

Tema MTQ tahun ini adalah “Mewujudkan SDM yang Qurani dalam Kehidupan Masyarakat Karimun yang BERSIH (beriman, sehat, indah, harmoni, dan madani)”.

MTQ ke-16 ini akan berlangsung selama lima hari, dari tanggal 16 hingga 21 April 2024, dengan total 272 peserta dari 14 kecamatan di Kabupaten Karimun. Lomba ini mencakup berbagai cabang, termasuk tartil Quran, tilawah Quran, fahmil Qur’an, shahril Quran, dan tahfidz Qur’an.

Menyambut Hari Raya Idul Fitri 1445 Hijriah, Gubernur Ansar mengucapkan Minal Aidin Wal Faidzin dan meminta maaf lahir dan batin kepada masyarakat Kabupaten Karimun. Beliau berharap nilai-nilai yang dipelajari selama Bulan Ramadhan dapat dipertahankan dan diimplementasikan dalam kehidupan sehari-hari.

Gubernur Ansar juga mengajak masyarakat untuk memaknai MTQ sebagai momentum penting dalam menjabarkan nilai-nilai Al-Qur’an dan menjadikannya sebagai pedoman hidup. Beliau menekankan pentingnya MTQ sebagai sarana untuk menumbuhkan kecintaan terhadap Al-Qur’an.

Kepada Dewan Hakim, Gubernur Ansar berpesan agar mereka menjalankan tugas dengan profesional dan objektif untuk menghasilkan qori dan qoriah yang berkualitas.

Beliau juga menyampaikan apresiasi kepada Bupati Karimun, jajaran pemerintah, dan panitia atas penyelenggaraan MTQ ini, dengan harapan bahwa acara tersebut akan melahirkan generasi Qur’ani dan meningkatkan syiar Islam.

Hadir dalam acara tersebut Bupati Karimun Aunur Rafiq, Wakil Bupati Anwar Hasyim, Tim Percepatan Pembangunan Kepri Dr. Syarifah, beberapa kepala OPD Kepri, Forkompinda Kabupaten Karimun, pimpinan instansi vertikal, dan kepala OPD Kabupaten Karimun.(*)

Related Articles

- Advertisement -spot_img

Latest Articles