Minggu, Mei 19, 2024
spot_img

Penumpang Lebaran Batam Naik 11% di 2024

Batam, GK.com – Selama periode Lebaran tahun 2024, Badan Usaha Pelabuhan Batam mengalami peningkatan jumlah penumpang sebesar 11% dibandingkan tahun sebelumnya, dengan total 580.867 penumpang yang dilayani. Direktur BUP BP Batam, Dendi Gustinandar, menyatakan bahwa kenaikan tertinggi terjadi di Terminal Ferry Domestik, mencapai 15% atau 316 ribu penumpang. “Peningkatan tertinggi berada di Terminal Ferry Domestik yakni sebesar 15 persen atau mencapai 316 Ribu penumpang datang dan berangkat mulai dari H-15 hingga H+3 Lebaran. Hal ini menunjukkan tren positif mengingat tidak adanya lagi kebijakan pembatasan bepergian dari Pemerintah Pusat,” ujar Dendi. Senin, 15 April 2024.

Puncak arus mudik tercatat pada H-3 dengan 16.795 penumpang meninggalkan Batam, dan arus balik pada H+3 dengan 17.541 penumpang tiba di Batam. Dendi memperkirakan jumlah penumpang akan terus bertambah pasca libur Idul Fitri, terutama pada H+4. “Kami memprediksi di H+4 Lebaran atau Senin, 15 April 2024 ini jumlah penumpang yang kembali ke Batam terus masih terus bertambah,” imbuh Dendi.

Terminal Ferry Domestik Telaga Punggur menjadi terminal dengan jumlah penumpang terpadat, melayani rute ke berbagai destinasi lokal. Sementara itu, Terminal Ferry Internasional Batam Centre menjadi yang terpadat untuk rute internasional, dengan tujuan Malaysia dan Singapura.

Selama periode ini, BUP BP Batam menyiagakan empat posko Angkutan Laut dan bekerja sama dengan instansi terkait untuk pengawasan terpadu, memastikan kegiatan mudik berjalan lancar. “Kami ucapkan terima kasih atas sinergi lintas instansi selama pengamanan Angkutan Lebaran Tahun 2024 sehingga kegiatan mudik dapat berjalan dengan tertib dan lancar,” tandas Dendi.(*)

Related Articles

- Advertisement -spot_img

Latest Articles