Kamis, Juni 20, 2024
spot_img

Batam Wonderfood & Art Ramadhan

Batam, GK.com – Event Batam Wonderfood & Art Ramadhan yang diselenggarakan oleh Pemerintah Kota Batam resmi ditutup langsung oleh Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Republik Indonesia, Sandiaga Salahuddin Uno, di Taman Dang Anom Batam.

Sekretaris Daerah Kota Batam, Jefridin, M. Pd., mewakili Wali Kota Batam, Muhammad Rudi, menyambut penuh antusias kedatangan Menteri yang kerap disapa Sandiaga Uno tersebut.

“Selamat datang kepada Bapak Sandiaga Uno di Kota Batam. Alhamdulillah, event ini masuk dalam salah satu Karisma Event Nusantara (KEN) 2024 yang merupakan program unggulan dari Kementerian Pariwisata untuk menarik minat kunjungan wisatawan nusantara maupun wisatawan mancanegara untuk berkunjung ke Batam,” kata Jefridin, Sabtu (30/3/2024).

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Republik Indonesia, Sandiaga Uno, mengatakan dalam program KEN tahun ini terdapat 110 event dari 38 Provinsi yang ada di Indonesia.

“Efek kuliner ini luar biasa. Kalau di Jakarta lagi trend namanya ‘takjil war’, tidak hanya melibatkan umat Islam tetapi juga seluruh kalangan lintas agama,” kata Sandiaga.

Menurutnya, Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) di bidang kuliner sangat mengambil manfaat dari kunjungan wisatawan. Pasalnya, sebanyak 63 persen wisatawan yang datang ke suatu kota pasti merupakan wisatawan kuliner.

“Ditambah dengan kemajuan teknologi, storynomics adalah pendekatan pariwisata yang berbentuk narasi dan konten kreatif sebagai nyawa dari destinasi objek wisata,” kata Sandiaga.

Atas nama Pemerintah Daerah, Jefridin berharap hadirnya storynomics tourism menjadi gaya baru dalam promosi pariwisata dan ekonomi kreatif.

“Inovasi dengan pendekatan storynomics tourism diharapkan dapat menarik wisatawan mancanegara ke Indonesia. Pak Menteri menargetkan sebesar 14 juta kunjungan wisatawan mancanegara ke Indonesia, dan Kepri menyumbangkan 3 juta kunjungan wisatawan mancanegara,” papar Jefridin.

Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Batam, Ardiwinata, menegaskan bahwa event ramadhan yang dipusatkan di Taman Dang Anom ini merupakan inisiasi dari Wali Kota Batam, Muhammad Rudi, untuk memajukan UMKM dan memutar roda perekonomian Kota Batam.

“Tahun ini luar biasa diperintahkan langsung Wali Kota Batam membuka di tiga tempat, di Taman Dang Anom, Pollux, dan Pasific. Dimana selain kuliner, juga menyediakan tempat bermain serta arena kreativitas lainnya,” katanya.

Event yang digelar selama 22 hari di bulan Ramadhan ini diikuti oleh 201 UMKM, dengan perputaran uang lebih kurang sebesar Rp 2,8 Miliar. Serta menarik pengunjung lebih kurang hingga 32 ribu jiwa. (*)

Related Articles

- Advertisement -spot_img

Latest Articles

- Advertisement -spot_img