Jumat, Juni 21, 2024
spot_img

Haul Jama’ dan Isra Mi’raj, STAIN Sultan Abdurrahman Kepri

Bintan, GK.com – Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri (STAIN) Sultan Abdurrahman Kepulauan Riau menggelar berbagai kegiatan dalam rangka memperingati Haul Jama’ dan Isra Mi’raj Nabi Muhammad SAW 1445 H, pada Sabtu (08/03/2024), pukul 09.30-11.30 WIB. Kegiatan tersebut dilaksanakan di Masjid Sultan Abdurrahman Mu’azzamsyah yang berada di kampus STAIN.

Kegiatan yang diikuti oleh civitas akademika STAIN, masyarakat sekitar, dan tamu undangan ini meliputi pembacaan kalam ilahi, tahlil-tahmid (haul), tausyiah dan do’a, pengukuhan pengurus Dewan Kemakmuran Masjid (DKM) Sultan Abdurrahman Muazzam Syah Kepulauan Riau, pembagian sembako untuk kaum dhuafa, serta pelaksanaan sholat Jumat bersama.

M. Khairil Ramadhan, Ketua Dewan Eksekutif Mahasiswa (DEMA) STAIN, dalam laporannya menyampaikan rasa terima kasih kepada semua pihak yang telah bekerja sama dalam persiapan acara tersebut, serta atas kolaborasi yang luar biasa oleh 23 Organisasi Kemahasiswaan (Ormawa) dan juga kepada pihak Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) yang telah memberikan dukungan.

“Semoga kedepannya kerjasama antara kita yang saling berkontribusi dan berkoordinasi akan terus kita jaga dan kita tingkatkan dimasa yang mendatang. Saya mewakili rekan-rekan panitia mengucapkan mohon maaf yang sebesar-besarnya jika ada kekurangan dalam persiapan kami. Konsep kita pada acara hari ini adalah kemelayuan. Berpedoman dengan visi kampus yaitu salah satunya Unggul Kemelayuan. Dengan mengadakan bunga telur dan makan berhidang,” ujar Khairil.

Sementara itu, Ketua Baznas Kepri, Arusman Yusuf, dalam sambutannya mengungkapkan bahwa dari sekian banyak program Baznas, yang terbesar adalah program beasiswa. Ia mengakui bahwa dari 18 kampus yang ada di Kepri yang telah bekerja sama, STAIN merupakan salah satu penerima beasiswa terbesar yang diberikan sesuai dengan kemampuan Baznas.

“Dan insyaallah kerjasama ini akan terus kita jalankan dan kita tingkatkan. Sebagai informasi Tahun ini kita akan buka lagi program beasiswa yaitu mulai dari kuliah sampai selesai. Bahkan biaya untuk ujian, bayar baju wisuda, apapun kesulitannya kita akan bantu biayai. Dengan tujuan jangan sampai ada mahasiswa yang DO atau mahasiswa yang tidak dapat wisuda karena tidak ada uangnya. Maka bisa minta di Baznas. Sejauh ini belum ada yang tidak kami tanggapi atas ajuan proposal terkait bantuan dari mahasiswa tersebut,” kata Arusman.

Arusman menambahkan bahwa dana yang masuk ke Baznas tak lain tak bukan adalah dana yang diberikan oleh para muzakki yang taat zakat, para donatur dan lainnya termasuk dari zakat profesi yang dipotong langsung dari gaji pegawai yang telah bekerja sama dengan Baznas. Dan termasuklah STAIN salah satunya yang telah bekerja sama. “Maka dengan kerjasama inilah dapat membantu ratusan orang diluar sana, termasuk lah mahasiswa-mahasiswa dengan program-program yang kita jalankan,” ujarnya.

Di akhir acara, Ketua STAIN Sultan Abdurrahman, Dr. Muhammad Faisal, M.Ag, menyampaikan bahwa kegiatan Haul Jama’ ini sebagai pengingat akan sang pencipta kepada yang dicipta. Baik yang masih hidup maupun yang sudah meninggal agar diberikan keselamatan dan terjalinnya tali silaturahmi. Ia juga mengucapkan banyak-banyak terima kasih kepada semuanya, baik itu masyarakat stakeholder dan semua yang hadir yang telah ikut serta membesarkan nama kampus STAIN.

“Sebagai informasi jumlah mahasiswa kita saat ini secara keseluruhan sudah berjumlah ± 1800 orang. Dan kapasitas masjid kita ini bisa menampung sampai dengan ± 1000 orang. Hari ini kita akan melaksanakan sholat Jumat perdana di masjid ini. Dan hari ini juga kita akan mengukuhkan kepengurusan masjid. Dengan harapan kepengurusan nanti dapat memberikan dampak positif yang luar biasa dalam pengembangan nilai-nilai keislaman kita melalui kegiatan dan serangkaian program yang ada di kampus ini. Dengan mengikuti visi misi kampus kita, keunggulan, keislaman dan kemelayuan,” tutur Faisal.

Faisal juga menjelaskan bahwa konsep yang digunakan dalam pembangunan masjid ini juga berpedoman pada visi dan misi kampus. Kedepannya, kegiatan haul jama’ dan doa bersama di masjid ini akan dijadikan salah satu kegiatan rutin kedepan dalam menghadapi bulan suci Ramadhan.

“Semoga dengan kegiatan ini kita dapat meningkatkan kualitas ibadah kita kepada Allah SWT, serta menjalin hubungan baik antara sesama manusia. Mari kita jaga dan rawat masjid ini sebagai tempat ibadah dan pusat kegiatan keislaman kita. Semoga Allah SWT meridhoi dan memberkahi kita semua,” pungkasnya.(siska)

Related Articles

- Advertisement -spot_img

Latest Articles

- Advertisement -spot_img