Jumat, Juni 21, 2024
spot_img

Donor Darah dan Baksos, Cara Ombudsman RI Kepri Rayakan HUT ke-12

Kota Batam, GK.com – Memperingati HUT ke-12, Ombudsman RI Perwakilan Kepulauan Riau (Kepri) menggelar berbagai kegiatan sosial, antara lain donor darah dan bakti sosial ke panti asuhan. Kegiatan ini diharapkan dapat meningkatkan peran Ombudsman RI Kepri sebagai lembaga pengawas pelayanan publik yang peduli terhadap masyarakat.

Kepala Perwakilan Ombudsman RI Provinsi Kepri, Dr Lagat Siadari, menyampaikan bahwa donor darah yang diselenggarakan di Lobby Gedung Graha Pena pada Senin (26/12/2024) merupakan upaya untuk mengatasi kekurangan stok darah di PMI Batam. Ia mengacu pada laman pemberitaan media online yang menyebutkan bahwa stok darah semua golongan di PMI Batam sangat minim, apalagi menjelang bulan suci Ramadhan.

“Kami berinisiatif untuk membantu PMI Batam dalam menyediakan darah bagi masyarakat yang membutuhkan, terutama korban kecelakaan lalu lintas yang banyak terjadi di kota ini. Kami juga menghimbau masyarakat untuk turut serta mendonorkan darahnya secara sukarela,” kata Lagat.

Selain donor darah, Ombudsman RI Kepri juga menawarkan layanan screening kesehatan gratis bagi peserta donor darah, meliputi pemeriksaan tensi, gula darah, kolestrol, asam urat, dan kanker rahim. Lagat mengatakan bahwa layanan ini dimaksudkan untuk meningkatkan kesadaran masyarakat akan pentingnya menjaga kesehatan.

“Kami berharap dengan adanya layanan ini, masyarakat dapat mengetahui kondisi kesehatannya dan melakukan pencegahan atau pengobatan jika diperlukan. Kesehatan adalah salah satu hak asasi manusia yang harus dijamin oleh pemerintah,” ujar Lagat.

Kegiatan donor darah dan screening kesehatan ini diikuti oleh sekitar 60 peserta, yang terdiri dari pegawai Ombudsman RI Kepri, anggota media, dan masyarakat umum. Lagat mengapresiasi antusiasme peserta dan berterima kasih atas partisipasinya.

“Semoga darah yang terkumpul dapat bermanfaat bagi sesama dan menjadi amal ibadah bagi kita semua. Kami juga berterima kasih kepada PMI Batam yang telah bekerja sama dengan kami dalam kegiatan ini,” ucap Lagat.

Selain donor darah dan screening kesehatan, Ombudsman RI Kepri juga mengadakan bakti sosial ke Panti Asuhan Nurjannah Batam pada sore hari. Lagat mengatakan bahwa kegiatan ini merupakan wujud kepedulian Ombudsman RI Kepri terhadap anak-anak yatim piatu yang membutuhkan perhatian dan kasih sayang.

“Kami ingin memberikan sedikit kebahagiaan kepada anak-anak di panti asuhan ini dengan memberikan bantuan berupa sembako, pakaian, dan mainan. Kami juga berinteraksi dengan mereka dan memberikan motivasi agar mereka tetap semangat belajar dan bermimpi,” papar Lagat.(*)

Related Articles

- Advertisement -spot_img

Latest Articles

- Advertisement -spot_img