Jumat, Juni 21, 2024
spot_img

Politeknik Imigrasi Buka Peluang CPNS bagi Warga Karimun

Karimun, GK.com – Kantor Imigrasi Kelas II TPI Tanjung Balai Karimun menggelar sosialisasi sekolah kedinasan Politeknik Imigrasi bagi para guru dan siswa SMA/SMK di Kabupaten Karimun, Rabu (28/2/2024). Sosialisasi ini bertujuan untuk memberikan informasi dan peluang bagi warga Karimun yang ingin menjadi calon pegawai negeri sipil (CPNS) di bidang keimigrasian.

Dalam sosialisasi ini, dua orang alumni Politeknik Imigrasi angkatan ke-22 yang kini menjadi CPNS Imigrasi di Kantor Imigrasi Kelas II TPI Tanjung Balai Karimun, yaitu Kahfi Eki Cahyadi dan M. Verdyansyah Surahman, membagikan pengalaman dan pengetahuan mereka tentang sekolah kedinasan tersebut.

Kahfi menjelaskan bahwa Politeknik Imigrasi adalah transformasi dari Akademi Imigrasi, yaitu sebuah lembaga pendidikan tinggi kedinasan yang berstatus ikatan dinas di bawah Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia. Politeknik Imigrasi menyelenggarakan pendidikan vokasi di bidang keimigrasian selama empat tahun, dengan tiga program studi, yaitu Hukum Keimigrasian, Administrasi Keimigrasian, dan Manajemen Teknologi Keimigrasian.

“Selama di Politeknik Imigrasi, kita tidak perlu mengeluarkan biaya apapun. Semua fasilitas disediakan oleh pemerintah, mulai dari tempat tinggal, makan, pakaian, hingga uang saku. Kita juga mendapatkan banyak pengalaman dan ilmu yang bermanfaat untuk karir kita di bidang keimigrasian,” ujar Kahfi.

Verdyansyah menambahkan bahwa Politeknik Imigrasi tidak hanya mengajarkan kegiatan akademik, tetapi juga kegiatan non akademik, seperti organisasi, olahraga, seni, dan kemiliteran. Ia juga menyebutkan beberapa prestasi yang diraih oleh Politeknik Imigrasi, seperti juara umum Pekan Olahraga dan Seni Mahasiswa Kedinasan (Porsimadis) tahun 2023, juara umum Pekan Olahraga dan Seni Mahasiswa Imigrasi (Porsimigra) tahun 2023, dan juara umum Pekan Olahraga dan Seni Mahasiswa Hukum dan HAM (Porsimaham) tahun 2023.

“Lulusan Politeknik Imigrasi akan menjadi CPNS Imigrasi golongan III/a dan berpeluang penempatan kerja di seluruh wilayah kerja keimigrasian di Indonesia, seperti bandara, pelabuhan, perbatasan, kantor imigrasi, rumah detensi imigrasi, dan bahkan perwakilan imigrasi di luar negeri. Ini adalah kesempatan yang sangat baik bagi kita yang ingin berkarir di bidang keimigrasian,” kata Verdyansyah.

Gerson Silalahi, Kepala Subseksi Teknologi Informasi Keimigrasian, yang bertindak sebagai moderator, mengatakan bahwa sosialisasi ini adalah bagian dari upaya Kantor Imigrasi Kelas II TPI Tanjung Balai Karimun untuk memberikan informasi dan peluang kepada masyarakat Karimun, khususnya para guru dan siswa SMA/SMK, yang ingin menjadi CPNS Imigrasi melalui jalur sekolah kedinasan.

“Kami berharap dengan adanya sosialisasi ini, semakin banyak warga Karimun yang tertarik dan berminat untuk mendaftar ke Politeknik Imigrasi. Kami juga mengimbau kepada masyarakat untuk memantau website dan media sosial resmi Politeknik Imigrasi untuk mendapatkan informasi terbaru tentang penerimaan taruna tahun 2024,” tutur Gerson.

Sosialisasi ini dihadiri oleh sekitar 100 orang peserta, yang terdiri dari perwakilan guru dan siswa SMA/SMK se-Kabupaten Karimun. Selain mendapatkan materi sosialisasi, peserta juga mendapatkan souvenir dan doorprize dari panitia.(LRS)

Related Articles

- Advertisement -spot_img

Latest Articles

- Advertisement -spot_img