Jumat, Juli 12, 2024
spot_img

Bibit Gratis dari BPDAS Tanjungpinang, Jangan Sampai Dijual!

Tanjungpinang, GK.com – Salah satu Unit Pelaksana Teknis (UPT) yang memiliki bibit pohon tahunan lengkap di Kepulauan Riau adalah Pengelolaan Daerah Aliran Sungai (BPDAS) Tanjungpinang. Di tahun 2023 ini, BPDAS Tanjungpinang mengalami peningkatan permintaan bibit gratis dari masyarakat.

Aswan Basri, Manager Persemaian BPDAS Tanjungpinang, mengatakan bahwa pemberian bibit gratis mencapai dua ribu bibit dari bulan Januari sampai November 2023. “Bibit yang kita sediakan bermacam-macam, tergantung kebutuhan wilayah masing-masing. Misalnya, bibit mangrove banyak diminati di daerah pesisir. Bibit yang kita sediakan juga merupakan bibit yang pertumbuhannya bisa digunakan dalam masa tahunan, seperti durian, matoa, lengkeng, mangga, rambutan, alpukat, dan lain-lain,” katanya melalui telepon.

Aswan menjelaskan bahwa program pembagian bibit gratis ini bertujuan untuk mendukung penghijauan lingkungan dan memberikan kesempatan dan kemudahan bagi masyarakat yang ingin memperbaiki ekonomi dan berkebun. “Program ini ditujukan untuk perorangan atau pribadi, kelompok masyarakat, LSM, instansi pemerintah, dan lain-lain. Kami juga gencar melakukan sosialisasi dan edukasi terkait penyediaan bibit tanaman gratis ke seluruh elemen masyarakat, lembaga pendidikan, serta instansi pemerintah yang ada di kepulauan riau ini,” ungkapnya.

Aswan menambahkan bahwa sejauh ini belum ada yang kedapatan menjual bibit gratis, tetapi apabila ada yang melakukan hal tersebut, akan diberikan teguran dan tidak akan mudah mendapatkan bibit gratis lagi dari BPDAS Tanjungpinang. “Jika permohonan jumlah bantuan bibit ratusan hingga ribuan, harus mendapat persetujuan dari kepala desa atau kelurahan. Petugas juga akan memverifikasi untuk memastikan kemanfaatan bibit tanaman agar tidak dijual untuk komersial. Mekanisme mendapatkan bantuan bibit produktif dapat mengajukan permohonan dengan melengkapi KTP dan foto lokasi tanam yang berkoordinat,” tutupnya, Kamis (30/11/2023) sekitar pukul 16.10 Wib (nad).

Related Articles

- Advertisement -spot_img

Latest Articles

- Advertisement -spot_img