Sabtu, Juli 13, 2024
spot_img

Pelatihan Pertanian Organik Pertama di Bintan Digelar di Sungai Enam

Bintan, GK.com – Dinas Pertanian Bintan mengadakan pelatihan pertanian organik pertama di Kelurahan Sungai Enam, Kecamatan Bintan Timur, Selasa (21/11/2023).

Pelatihan ini bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan dan keterampilan para petani dalam membuat pupuk organik yang ramah lingkungan dan berkualitas.

Lurah Sungai Enam, Alam Syah mengatakan bahwa kelompok tani di Kelurahannya sudah cukup maju dan antusias mengikuti pelatihan ini.

“Alhamdulillah, kelompok tani di Kelurahan Sungai Enam banyak yang tertarik belajar cara membuat pupuk organik,” ujar Alam.

Alam juga menyampaikan dukungannya kepada kelompok tani untuk terus mengembangkan potensi pertanian di daerahnya.

“Kami sudah melihat beberapa hasil tani yang bagus, seperti timun, ubi, pisang, cabe rawit, kacang panjang, jagung, dan lain-lain. Itulah sebabnya Kelurahan kami di pilih sebagai lokasi pelatihan pertama yang diselenggarakan oleh Dinas Pertanian Bintan,” ungkapnya.

Sementara itu, Kepala Bidang Sarana Prasarana dan Penyuluhan, Ekandra Indra Sadri, S.KM., M.Kes., menjelaskan bahwa pelatihan ini memberikan materi tentang cara membuat pupuk organik dari bahan-bahan alami yang mudah didapat.

“Dinas Pertanian juga akan mengajukan proposal dari kelompok tani yang berprestasi untuk dibawa ke Kementerian Pertanian. Namun, dari 403 usulan yang masuk, hanya beberapa yang akan dipilih,” jelas Ekandra.

Ekandra menambahkan bahwa kegiatan ini merupakan salah satu inovasi dari Dinas Pertanian Bintan untuk mengatasi masalah keterbatasan pupuk kimia yang semakin mahal dan berdampak buruk bagi lingkungan.

“Petani kita membutuhkan pupuk organik untuk membuat tanaman mereka tumbuh dengan baik. Karena anggaran yang terbatas, kita hanya bisa mengadakan pelatihan di Kelurahan Sungai Enam selama tiga hari,” tutur Ekandra.

Ekandra berharap pelatihan ini bisa dilanjutkan di Kelurahan-kelurahan lainnya di Bintan.

“Kami ingin semua petani di Bintan bisa beralih ke pertanian organik yang lebih sehat dan berkelanjutan”. harap Ekandra di Aula Kelurahan Sungai Enam sekitar pukul 10.00 Wib. (Nadya).

Related Articles

- Advertisement -spot_img

Latest Articles

- Advertisement -spot_img