Senin, Mei 20, 2024
spot_img

Ombudsman Kepri Awasi Fasilitas Bandara Letung-Anambas

Anambas, GK.com – Ombudsman RI Perwakilan Kepri melakukan pemantauan terhadap fasilitas layanan publik yang ada di Bandara Letung, Anambas pada Jumat (03/11/2023).

Tujuan dari dilakukannya kegiatan ini adalah untuk mengevaluasi kualitas fasilitas dan kenyamanan para pengguna jasa di bandara tersebut.

Dikatakan Kepala Perwakilan Ombudsman RI Provinsi Kepri, Dr Lagat Siadari bahwa, agenda pemantauan ini merupakan bagian dari tugas Ombudsman sebagai Lembaga yang mengawasi pelayanan publik. Ia ingin memastikan bahwa fasilitas di Bandara Letung-Anambas sudah memenuhi standar, serta memberikan kenyamanan bagi masyarakat atau penggunanya.

Tim Ombudsman Kepri disambut oleh Kepala Unit Penyelenggaraan Bandar Udara (UPBU) Letung-Anambas, Andy Hendra Suryaka beserta jajarannya saat tiba di Bandara. Dari hasil pemantauan di lapangan, Ombudsman mengetahui bahwa Bandara Letung-Anambas sedang melakukan perluasan dan peningkatan fasilitas.

“Kepala UPBU Letung-Anambas menyampaikan bahwa rencana kerja 2024 mereka adalah normalisasi runway strip, normalisasi drainase sisi darat dan sisi udara yang saat ini tergerus, pembuatan area parkir terminal baru dan landscape, serta pembukaan rute kargo BTH-LTU,” jelas Lagat.

Selain itu, Ombudsman juga mengetahui bahwa Bandara Letung-Anambas akan meningkatkan fasilitas yang ramah bagi masyarakat berkebutuhan khusus seperti kursi roda, toilet khusus, arena bermain anak, jalur landai, pegangan rambat, dan tempat duduk prioritas.

Bandara Letung-Anambas juga akan menyediakan spot foto estetik dan instalasi bangunan unik yang mengandung unsur kearifan lokal serta tempat untuk UMKM yang menjual produk-produk lokal Anambas.

Ombudsman juga mengetahui bahwa Bandara Letung-Anambas sedang melakukan perluasan terminal dari 600 m2 menjadi 1200 m2 untuk meningkatkan kenyamanan pengguna, serta perpanjangan runaway dari 1400m menjadi 1600m untuk meningkatkan keselamatan penerbangan.

“Kami sangat senang dan mengapresiasi proses pembangunan Bandara Letung-Anambas ini. Kami berharap rencana ini dapat terlaksana dengan baik. Bandara Letung-Anambas ini sangat dibutuhkan oleh masyarakat meskipun lokasinya jauh dari kota besar.

Kepala UPBU Letung-Anambas menerangkan bahwa setiap tahunnya ada peningkatan pengguna baik penumpang pesawat maupun kargo.

“Hanya pada tahun 2020 dan 2021 saja ada penurunan penumpang pesawat karena pandemi Covid-19, namun tidak terlalu besar”. ungkap Kepala Perwakilan Ombudsman RI Provinsi Kepri, Dr Lagat Siadari. (***)

Related Articles

- Advertisement -spot_img

Latest Articles