Jumat, Juli 26, 2024
spot_img

Ombudsman Kepri Sidak PLTD Tarempa

Anambas, GK.com – Kepala Perwakilan Ombudsman Republik Indonesia Provinsi Kepulauan Riau (Kepri), Dr. Lagat Siadari bersama timnya melakukan inspeksi mendadak (sidak) ke gardu Pembangkit Listrik Tenaga Diesel (PLTD) milik PLN di Tarempa pada hari Rabu (01/11/2023).

Tujuan dari sidak ini adalah untuk memastikan kesiapan PLTD sebagai penyedia layanan kelistrikan di Kabupaten Kepulauan Anambas, khususnya di kota Tarempa.

“Listrik adalah pelayanan dasar yang penting bagi masyarakat. Ombudsman sebagai lembaga pengawas pelayanan publik datang untuk memastikan kelistrikan tidak terganggu,” ujar Lagat.

Di lokasi, tim Ombudsman bertemu dengan Kepala Gardu PLTD, Albert Sitorus dan stafnya yang sedang bertugas mengoperasikan mesin pembangkit listrik yang sedang berjalan.

Dari pertemuan tersebut, tim Ombudsman mendapatkan informasi tentang kondisi PLTD, yaitu terdiri dari 6 (enam) unit mesin dengan kapasitas 5 unit sebesar 1500 VA dan 1 unit sebesar 700 VA dengan total daya yang dihasilkan 3,4 MW.

“Tadi disampaikan beban maksimal kebutuhan listrik di Tarempa mencapai 3,2 MW di malam hari dan hanya 3 MW di siang hari. Dari data tersebut menunjukkan bahwa PLTD di Tarempa mampu memenuhi 100% kebutuhan listrik yang ada bahkan masih ada sisa untuk cadangan. Apalagi kami dapatkan informasi pengiriman rutin dari Selat Lampa Natuna belum ada masalah,” jelas Lagat.

Namun demikian, lanjutnya, ada 1 unit mesin yang sedang dalam perbaikan.

“Meskipun tidak rusak parah, hanya ringan dan sedang menunggu pengiriman suku cadang, hal ini menyebabkan potensi pemadaman di beberapa wilayah khususnya di Kecamatan Siantan,” kata Lagat.

Lagat mengatakan pihaknya telah menghubungi Kepala UP3 PLN Tanjungpinang, Apreza Pashya, untuk mempercepat pengiriman suku cadang terutama menjelang musim angin utara di Anambas.

“Kami sudah meminta agar pengiriman suku cadang mesin yang mati ini dapat segera dilakukan sehingga dapat beroperasi kembali. Ini juga untuk mengantisipasi musim angin utara di Anambas. Kami harap tidak ada kendala agar tidak terjadi gangguan pelayanan kelistrikan,” pungkasnya.(***)

Related Articles

- Advertisement -spot_img

Latest Articles

- Advertisement -Seedbacklink