Senin, Juni 17, 2024
spot_img

Maulid Nabi Muhammad SAW Dirayakan dengan Tabligh Akbar di Tanjungpinang

KEPRI, GK.com – Ribuan umat Islam di Tanjungpinang memadati Gedung Daerah untuk mengikuti tabligh akbar yang diselenggarakan oleh Pemerintah Provinsi Kepulauan Riau dalam rangka memperingati kelahiran nabi besar Muhammad SAW 1445 H/2023 M pada hari Sabtu, 30 September 2023.

Acara ini dihadiri oleh Gubernur Kepulauan Riau H. Ansar Ahmad yang mengundang ustadz Syamsuddin Nur Makka sebagai penceramah utama. Tabligh akbar ini juga merupakan bagian dari rangkaian acara peringatan Hari Jadi Provinsi Kepulauan Riau yang ke-21 tahun 2023.

Dalam sambutannya, Gubernur Ansar mengatakan bahwa peringatan maulid nabi dan tabligh akbar adalah sebuah kesempatan untuk menjadikan Nabi Muhammad SAW sebagai teladan dalam kehidupan bermasyarakat yang beragam dan selalu meneladani akhlak Rasulullah dengan berbuat baik kepada sesama. Selain itu, acara ini juga menjadi ajang silaturahmi dan mempererat kerjasama antara pemerintah dan masyarakat.

Gubernur Ansar juga mengapresiasi kehadiran pejabat Pemerintah Kota Tanjungpinang yang turut serta dalam tabligh akbar ini. Ia menyebutkan bahwa ini adalah pertama kalinya pejabat Pemko Tanjungpinang hadir dalam kegiatan pengajian yang diselenggarakan oleh Pemprov Kepri. Ia juga menyampaikan rasa terima kasih kepada Walikota Tanjungpinang Hasan yang juga hadir dalam acara ini.

“Ini adalah bukti dari keindahan kebersamaan kita,” ujar Ansar.

Gubernur Ansar juga mengajak masyarakat untuk bersyukur karena pada tanggal 24 September lalu, Kepulauan Riau telah merayakan Ulang Tahun yang ke-21, yang merupakan hasil dari perjuangan panjang masyarakat Kepulauan Riau yang memiliki komitmen untuk terus maju dalam membangun Negeri Segantang Lada.

“Marilah kita bekerja sama karena masih banyak masalah yang harus kita atasi dan selesaikan, mulai dari masalah kemiskinan, pendidikan, kesehatan, kesejahteraan, dan masalah lainnya. Semoga dengan kerjasama dan doa, Allah SWT akan memudahkan segala usaha kita menjadikan Kepri Provinsi terbaik,” harapnya.

Sedangkan Ustadz Syamsuddin Nur Makka dalam ceramahnya menyampaikan pentingnya peringatan maulid nabi dan menurutnya tradisi maulid bukanlah bid’ah karena banyak manfaat yang didapatkan di dalamnya, seperti sebagai tempat berkumpulnya orang-orang baik dalam membahas kebaikan, terdapat bacaan ayat suci Al-Quran dan bacaan kisah Nabi.

“Dengan berbagai hal positif di dalam maulid, semoga semakin meningkatkan iman kita dan terus menjadikan Nabi Muhammad SAW sebagai suri tauladan guna menjadikan kita pribadi yang lebih sholeh,” tuturnya.

Turut hadir dalam acara ini Ketua Komisi IV DPRD Kepri yang juga Ketua BKMT Provinsi Kepri Hj.Dewi Kumalasari, Tim Percepatan Pembangunan Kepri, Widya Iswara Ahli Utama Lamidi, Perwakilan FKPD Kepri, Perwakilan FKPD Kota Tanjungpinang, beberapa Kepala OPD Kepri dan Tanjungpinang serta Pengurus dan Anggota BKMT Se-Kota Tanjungpinang. (Zah)

Related Articles

- Advertisement -spot_img

Latest Articles

- Advertisement -spot_img