Jumat, Juli 12, 2024
spot_img

BU SPAM BP Batam Adakan Bimtek

Batam, GK.com – Untuk meningkatkan pengetahuan dan keterampilan petugas yang bertugas di waduk-waduk di Kota Batam, Badan Usaha Sistem Pengelolaan Air Minum (BU SPAM) BP Batam mengadakan bimbingan teknis (Bimtek) Pengelolaan Waduk. Kegiatan ini berlangsung selama dua hari, yaitu pada tanggal 14 – 15 September 2023, di Aston Batam Hotel.

Menurut Direktur BU SPAM BP Batam, Denny Tondano, tujuan dari Bimtek ini adalah untuk memberikan pemahaman yang lebih baik kepada petugas tentang batas-batas tanggung jawab mereka dalam hal pemeliharaan, penegakan hukum, dan pencegahan kegiatan ilegal di waduk.

“Kita harus antisipasi. Sekarang ini kondisi daerah tangkapan air sudah mulai terancam. Ada penebangan liar, ada pencemaran air, dan lain-lain,” kata Denny Tondano.

Ia menjelaskan, kualitas air yang masuk ke waduk juga sudah mulai menurun di beberapa tempat. Oleh karena itu, BU SPAM BP Batam berusaha untuk mengembalikan fungsi daerah tangkapan air agar tidak membebani proses pengolahan air.

“Kita juga kesulitan untuk menindak pelanggar secara hukum. Makanya kita bekerja sama dengan Polresta Barelang. Kita juga sosialisasi dan kolaborasi dengan Dinas Lingkungan Hidup Kota Batam untuk memberikan edukasi kepada masyarakat agar tidak merusak daerah tangkapan air dan waduk,” ujarnya.

Peserta Bimtek ini terdiri dari pegawai BU SPAM BP Batam, Direktorat Pengamanan (Ditpam) BP Batam, dan mitra BU SPAM BP Batam, yaitu PT Air Batam Hulu (PT ABHu).

“Karena Bimtek ini terbatas, pesertanya hanya itu dulu. Kita lakukan selama dua hari. Hari ini materinya dari Polresta Barelang dan besok dari Kementrian Kehutanan,” tambahnya.(*)

Editor : Ronny

Related Articles

- Advertisement -spot_img

Latest Articles

- Advertisement -spot_img