Kamis, April 25, 2024
spot_img

BPS Kota Batam Lakukan Pengecekan Data Sensus Pertanian 2023

Batam, GK.com – BPS Kota Batam melakukan pengecekan data Sensus Pertanian 2023 (ST2023) dari tanggal 10 Agustus sampai 9 September 2023. Pengecekan data ini bertujuan untuk mengevaluasi kualitas data ST2023 yang sudah dikumpulkan sebelumnya pada bulan Juni-Juli 2023.ST2023 adalah kegiatan yang mengumpulkan data tentang berbagai hal yang berkaitan dengan pertanian, seperti luas lahan, jenis tanaman, jumlah ternak, dan lain-lain. Data ini penting untuk memenuhi kebutuhan informasi pertanian di tingkat nasional maupun internasional.

Namun, data ini bisa saja mengandung kesalahan yang disebabkan oleh petugas lapangan atau responden. Misalnya, ada rumah tangga pertanian yang tidak terdaftar, atau ada data yang salah diisi. Untuk mengukur seberapa besar kesalahan ini, BPS melakukan pengecekan data dengan cara mengulangi pencacahan di beberapa tempat terpilih.Pengecekan data ini tidak dilakukan di seluruh wilayah Kota Batam, tetapi hanya di beberapa RT yang dipilih secara acak.

Ada 12 kecamatan di Kota Batam, dan setiap kecamatan ada RT yang terpilih sebagai sampel. Sampel ini mewakili kondisi pertanian di wilayah tersebut.Pengecekan data ini juga menggunakan cara yang berbeda dengan ST2023 sebelumnya. Jika ST2023 sebelumnya menggunakan kertas untuk mencatat data, pengecekan data ini menggunakan aplikasi di smartphone android. Aplikasi ini disebut CAPI (Computer Assisted Personal Interviewing). Dengan aplikasi ini, petugas lapangan tidak perlu membawa banyak kertas saat mendatangi rumah responden.(rls)

Related Articles

- Advertisement -spot_img

Latest Articles