Sabtu, April 13, 2024
spot_img

Pemprov Kepri dan Kejati Kepri Gelar Serangkaian Acara Peringati HUT RI, HUT Kejari, dan Hari Jadi Kepri

KEPRI, GK.com – Sebagai bentuk rasa syukur dan semangat nasionalisme, Pemerintah Provinsi Kepulauan Riau dan Kejaksaan Tinggi Kepulauan Riau mengadakan berbagai acara dalam rangka memperingati tiga momen bersejarah, yaitu Hari Ulang Tahun (HUT) ke-78 Kemerdekaan Republik Indonesia, Hari Ulang Tahun ke-78 Kejaksaan Republik Indonesia, dan Hari Jadi ke-21 Provinsi Kepulauan Riau.

Acara yang digelar pada hari Minggu, 3 September 2023, ini meliputi Kepri Adhyaksa Run 5K, Bazar Layanan Publik dan UMKM, serta Pameran Foto. Lokasi acara berada di Area Tugu Sirih dan Gedung Daerah Provinsi Kepulauan Riau.

Kepri Adhyaksa Run 5K merupakan lomba lari sejauh 5 kilometer yang dibagi menjadi tiga kategori, yaitu Kategori Pelajar (Putra & Putri), Kategori Umum (Putra & Putri), dan Kategori Veteran >50 Tahun (Putra & Putri). Lomba ini diikuti oleh sekitar 1.300 peserta yang berlomba untuk mendapatkan hadiah total senilai Rp20 Juta. Selain itu, para juara dan 300 peserta pertama yang menyelesaikan lomba juga akan mendapatkan medali dan piagam penghargaan. Lomba ini dimulai dari Depan Tugu Sirih, melewati Jalan Gurindam 12, belok kanan di Simpang Mako Armada 1, hingga finish kembali di Tugu Sirih.

Bazar Layanan Publik merupakan acara yang menyediakan berbagai layanan gratis dari instansi pemerintah sesuai dengan bidang tugas masing-masing. Beberapa layanan yang tersedia antara lain adalah konsultasi hukum gratis dari Kejaksaan Tinggi Kepulauan Riau, aktivasi identitas kependudukan digital dari Dinas PMD Kependudukan dan Pencatatan Sipil Provinsi Kepulauan Riau, pembuatan paspor dari Kantor Imigrasi Kota Tanjungpinang, pembuatan SKCK dan izin keramaian gratis dari Polres Tanjungpinang, nikah gratis dan sertifikat halal dari Kanwil Kementerian Agama Provinsi Kepulauan Riau, dan masih banyak lagi. Selain itu, terdapat juga bazar UMKM yang menampilkan produk-produk lokal dari berbagai pelaku usaha di Provinsi Kepulauan Riau.

Pameran Foto merupakan acara yang menampilkan dokumentasi kegiatan-kegiatan yang telah dilakukan oleh Pemerintah Provinsi Kepulauan Riau dan Kejaksaan Tinggi Kepulauan Riau dalam rangka melayani masyarakat dan menjaga keutuhan NKRI. Pameran foto ini bertujuan untuk memberikan informasi dan edukasi kepada masyarakat tentang peran dan fungsi kedua instansi tersebut.

Luki Zaiman Asisten II Setdaprov Kepri sekaligus Ketua Panitia Adhyaksa Run mengharapkan partisipasi aktif dari seluruh masyarakat Provinsi Kepulauan Riau, khususnya Tanjungpinang, untuk menghadiri dan memanfaatkan acara ini. Ia juga mengatakan bahwa panitia telah menyiapkan berbagai doorprize menarik untuk para peserta Run dan masyarakat yang hadir.

“Saya mengajak seluruh masyarakat untuk datang dan meramaikan acara ini. Ini adalah kesempatan bagi kita untuk bersama-sama merayakan HUT RI, HUT Kejari, dan Hari Jadi Kepri dengan penuh semangat dan kegembiraan,” ujar Luki Zaiman. (rls)

Editor : Ronny

Related Articles

- Advertisement -spot_img

Latest Articles