Sabtu, April 13, 2024
spot_img

DPKP Tanjungpinang Siap Antisipasi Bencana Kebakaran

Tanjungpinang, GK.com – Bencana kebakaran bisa terjadi kapan saja dan di mana saja. Oleh karena itu, Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan (DPKP) Kota Tanjungpinang selalu berupaya untuk mencegah dan mengatasi bencana kebakaran di wilayahnya.

Pada hari Jumat (4/8/2023) sekitar pukul 15:00 Wib, kami mengunjungi kantor DPKP Tanjungpinang dan berbincang dengan Dery, Kepala Seksi (KASI) pemadam kebakaran. Ia menjelaskan beberapa langkah antisipasi yang dilakukan oleh DPKP Tanjungpinang dalam menghadapi bencana kebakaran.

“Salah satu langkah antisipasi kami adalah melakukan sosialisasi kepada masyarakat tentang cara-cara pencegahan dan penanganan kebakaran. Kami juga memberikan pelatihan kepada relawan pemadam kebakaran yang ada di setiap kelurahan. Selain itu, kami juga rutin melakukan inspeksi atau pemeriksaan bangunan, terutama yang berkaitan dengan alat proteksi kebakaran. Kami memastikan bahwa setiap bangunan memiliki Alat Pemadam Api Ringan (APAR) yang cukup dan berfungsi dengan baik.” ujar Dery.

Dery juga mengatakan bahwa jumlah armada dan kesiapan petugas DPKP Tanjungpinang sudah cukup memadai dalam menangani bencana kebakaran. Namun, ia berharap dapat mendapatkan armada yang lebih baru dan canggih dari pemerintah pusat.

“Untuk saat ini, kami memiliki 6 unit mobil pemadam dan 1 unit mobil rescue yang siap beroperasi di setiap pos. Armada kami ini sudah berusia 10 sampai 20 tahun sejak pengadaannya, tapi masih bisa digunakan dengan baik. Kami sudah mengajukan permohonan anggaran untuk mendapatkan armada yang lebih baru dan canggih, tapi masih menunggu prosesnya.” kata Dery.

Dery juga menekankan pentingnya menjaga kesehatan dan kebugaran para petugas DPKP Tanjungpinang. Ia mengatakan bahwa para petugas rutin mendapatkan pelatihan, vitamin, dan suplemen lainnya untuk meningkatkan fisik dan stamina mereka.

“Kami harus selalu siap secara fisik dan mental untuk menjalankan tugas kami sebagai pemadam kebakaran. Kami harus bisa bekerja dengan cepat, tepat, dan aman dalam situasi apapun.” tutup Dery.(IP)

Editor : Ronny

Related Articles

- Advertisement -spot_img

Latest Articles