Jumat, Juli 26, 2024
spot_img

Gubernur Ansar Dorong Edukasi dan Manajemen Kebencanaan di Ulang Tahun ke-19 Tagana Kepri

KEPRI, GK.com – Dalam rangka memperingati Ulang Tahun ke-19 Tagana Indonesia, Gubernur Kepulauan Riau H. Ansar Ahmad menjadi Inspektur Upacara pada Apel Siaga Penanggulangan Bencana Tingkat Provinsi Kepulauan Riau Tahun 2023. Acara tersebut berlangsung di Lapangan Apel, Kantor Gubernur Kepri, Dompak, Tanjungpinang, Selasa (01/08).

Tagana adalah singkatan dari Taruna Siaga Bencana, sebuah organisasi relawan yang dibentuk oleh Kementerian Sosial untuk membantu penanganan bencana di Indonesia. Tagana berdiri sejak tahun 2004 dan telah berkontribusi dalam berbagai operasi penanggulangan bencana di seluruh Indonesia.

Gubernur Ansar mengatakan bahwa wilayah Kepulauan Riau memiliki potensi ancaman bencana yang cukup tinggi, seperti puting beliung, gelombang pasang, banjir, abrasi pantai, longsor, dan sambaran petir. Oleh karena itu, ia mengajak semua pihak untuk selalu waspada dan tanggap terhadap bencana yang bisa terjadi kapan saja.

“Kita perlu mempersiapkan tim penanggulangan bencana yang terintegrasi. Semua unsur saya minta untuk selalu waspada dan tanggap terhadap bencana yang bisa datang kapan saja,” ungkapnya.

Ia juga mengingatkan bahwa beberapa bencana yang baru saja terjadi di wilayah Kepri, seperti tanah longsor di Pulau Serasan Kabupaten Natuna, puting beliung di Pulau Kasu, kebakaran di Pulau Buluh Kota Batam dan kebakaran di Pulau Tambelan Kabupaten Bintan harus menjadi pelajaran bagi kita untuk selalu melakukan kesiapsiagaan dalam penanggulangan bencana.

“Tidak ada yang tahu kapan bencana datang. Oleh karenanya semua pihak tidak boleh lengah. Sekalipun kita berada pada kondisi yang kondusif, diperlukan penyusunan rencana penanggulangan bencana yang baik (good disaster management plan) secara menyeluruh dan terpadu mulai dari pra bencana, saat terjadinya bencana /tanggap darurat dan pasca bencana,” ucapnya.

Gubernur Ansar juga mengucapkan selamat kepada Tagana Indonesia yang telah berusia 19 tahun. Ia berharap Tagana dapat terus menjaga jati dirinya sebagai relawan penanggulangan bencana yang profesional dan berdedikasi.

“Teruslah memberikan edukasi kebencanaan kepada masyarakat, sehingga risiko bencana dapat dikurangi, dan penanganan bencana dapat dilakukan lebih baik lagi,” pesannya.

Pada kesempatan ini, Gubernur Ansar juga menyerahkan Bantuan Sosial kepada tiga korban tanah longsor di Kelurahan Batu IX dan Kelurahan Pinang Kencana Kecamatan Tanjungpinang Timur Kota Tanjungpinang sebesar Rp. 42.500.000,-

Turut hadir dalam acara ini Bunda Tagana Kepri Hj. Dewi Kumalasari, Tim Percepatan Pembangunan Kepri, beberapa Kepala dan Perwakilan OPD Kepri, Plt. Ketua Tagana Kepri Bobby Wahyudi, Perwakilan Karang Taruna serta Siswa-Siswi SMAN 2 Tanjungpinang.(***)

Related Articles

- Advertisement -spot_img

Latest Articles

- Advertisement -Seedbacklink