Senin, Juni 17, 2024
spot_img

Simpul Jaringan Geospasial Memiliki Peran Penting, ini Keterangannya

Batam, GK.com – Menggelar Bimbingan Teknis (Bimtek) Simpul Jaringan Geospasial Kota Batam selama 2 hari terhitung dari tangal 25 s/d 26 Juli 2023 di Gedung IT Center BP Batam.

Dalam Bimtek yang diikuti 6 unit kerja di lingkungan BP Batam ini memiliki simpul jaringan geospasial diantaranya peran penting dalam pengumpulan, pengolahan, dan penggunaan data geografis yang meliputi letak geografis, kontur tanah, peta sebaran penduduk, daerah rawan bencana, tempat wisata, sebaran sekolah serta fasilitas publik lainnya.

Dijelaskan Kepala PDSI BP Batam, Sylvia J. Malaihollo, “Dari unit-unit itu yang mempunyai data. Dalam artian, unit ini adalah produsen data spasial di BP Batam,” ujarnya.

“Dalam data spasial simpul jaringan ini tentunya bukan hanya menjadi tanggungjawab dari BP Batam saja. Untuk itu, dalam Bimtek ini juga mengundang dari beberapa OPD di lingkungan Pemerintah Kota Batam,” tegas Sylvia, Selasa (25/07/2023).

“Sehingga, data spasial khususnya di Batam ini bisa kita penuhi sebagai bagian yang tidak terpisahkan. Dari perwujudan satu data, satu peta, dan saling berbagi. Itu yang akhirnya menjadi tujuan kita,” tambah Sylvia.

Dikatakannya, dalam Bimtek ini, pihaknya juga mengundang tenaga bimbingan langsung dari BIG. Sehingga dengan adanya Bimtek ini, potensi dari SDM di unit-unit yang menjadi produsen dalam simpul jaringan ini bisa ditingkatkan. Sehingga kedepannya, Simpul Jaringan Geospasial Kota Batam mempunyai standar yang sama dengan daerah-daerah di seluruh Indonesia.

“Karena ini bicara Nasional, berarti harus memiliki data yang sama, dimanapun data itu berada. Itu yang memang menjadi sesuatu hal yang harus di penuhi oleh setiap Kementrian dan Lembaga, Provinsi, dan Kabupaten/Kota. Khsusunya untuk bicara data spasial”. tegas Sylvia kembali.

Dalam Bimtek tersebut, BP Batam bekerjasama dengan Badan Informasi Geospasial (BIG) Pusat Data dan Sistem Informasi (PDSI). Dan  diikuti oleh Direktorat Pengelolaan Pertanahan, Pusat Perencanaan Program Strategis, Direktorat Infrastruktur Kawasan, Badan Usaha Sistem Penyediaan Air Minum (SPAM) dan Badan Usaha Fasilitas dan Lingkungan. (QQ).

Editor : Ron

Related Articles

- Advertisement -spot_img

Latest Articles

- Advertisement -spot_img