Sabtu, Juli 13, 2024
spot_img

Arus Balik Idul Fitri Meroket di Pelabuhan Batam

Batam, GK.com – Menghadapi arus balik Idul Fitri Tahun 2023, Direktorat Pengamanan (Ditpam) BP Batam akan menambah jumlah personel pengamanan Pelabuhan penumpang. Tambahan personel tersebut juga merupakan salah satu langkah Ditpam BP Batam untuk memperketat keamanan dan pengawasan di Pelabuhan selama arus balik berlangsung.

Dikatakan Kepala Subdit Pengamanan Aset dan Objek Vital Ditpam BP Batam, AKBP S.A. Kurniawan, jika setiap Pelabuhan bakal mendapatkan tambahan sebanyak 10 personel.

“Total ada 105 personel di empat Pelabuhan, mulai dari Batu Ampar, Punggur, Sekupang, dan Pelabuhan Internasional Batam Center,” ujarnya, Jumat (28/4/2023).

“Penambahan ini terus dilakukan sampai pada tanggal 8 Mei 2023 nanti. Mengingat, volume penumpang selama arus balik Idul Fitri 2023 diprediksi meroket dibandingkan tahun sebelumnya,” tuturnya.

“Pengamanan yang kami lakukan tak jauh berbeda dengan arus mudik kemarin. Tetap mengedepankan pelayanan prima, dan kenyamanan penumpang. Kita prediksi, lonjakan arus balik Idul Fitri 2023 di Pelabuhan penumpang Kota Batam bakal terjadi pada tanggal 29 April sampai 1 Mei 2023 mendatang. Untuk di Batu Ampar puncak arusnya kemungkinan 29 April. Sedangkan di Punggur dan Sekupang tanggal 30 April dan 1 Mei,” tambahnya.

“Kita mengimbau kepada seluruh penumpang agar tetap tertib selama berada di Pelabuhan. Salah satunya dengan tetap mengikuti arahan dari petugas yang ada, dan tetap waspada saat hendak pulang ke rumah masing-masing. Dan bagi warga yang akan menggunakan transportasi umum, tetap waspada dan berhati-hati. Kalau bisa bertanya ke petugas resmi,” pintà Kurniawan.

Sementara itu, Direktur Badan Usaha Pelabuhan (BUP) BP Batam, Dendi Gustinandar menerangkan jika pihaknya pun telah mengantisipasi terjadinya lonjakan penumpang, baik saat arus mudik ataupun arus balik.

“Untuk lonjakan penumpang kemungkinan sama dengan tahun 2019 lalu”. katanya, terpisah.

Untuk diketahui, arus balik Idul Fitri 2023 di Pelabuhan penumpang diprediksi meroket.
Bukan tanpa alasan, Badan Pusat Statistik (BPS) Kota Batam mencatat jumlah penumpang angkutan laut naik drastis pada tahun 2022 lalu, dengan total 5,45 juta orang.
Angka ini naik signifikan dibandingkan tahun 2021 yang hanya sebanyak 1,84 juta orang. (DN/QQ).

Editor : Ron

Related Articles

- Advertisement -spot_img

Latest Articles

- Advertisement -spot_img