Minggu, Mei 19, 2024
spot_img

Sosialisasi KIA Penting

Batam, GK.com – Manfaat Kartu Identitas Anak (KIA) di sosialisasikan oleh Forum Anak Kota Batam bersama Dinas Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak, Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (DP3APPKB) Kota Batam guna  memberikan edukasi kepada warga dan anak-anak di RW 026 Perum Buana Vista Indah.

Pada acara yang di laksanakan, Kamis (23/2/2023) malam itu, Lutfhy selaku perwakilan dari Anggota Forum Anak Kota Batam menuturkan, forum anak berperan dalam memperjuangkan hak-hak anak, khususnya di Kota Batam.

“Salah satu bentuk perjuangan yang sudah dilaksanakan adalah membantu anak-anak di lingkungan RW 026 agar memiliki KIA. Sosialisasi ini juga kami lakukan agar hak anak dapat terpenuhi, salah satunya pemenuhan hak sipil bagi setiap anak, seperti KIA,” ungkapnya.

“Adapun hak anak yang diatur antara lain, hak hidup, tumbuh kembang, perlindungan, dan partisipasi. Kita berharap dengan keberadaan kami nantinya mampu menjadi Pelopor dan Pelapor (2P), serta dapat memberikan manfaat untuk anak-anak lain,” tuturnya.

Sementara itu, Dinas P3APPKB melalui Kabid Pemenuhan Hak Anak yang turut hadir dalam penyerahan berkas KIA dengan Ketua RW 026 menjelaskan bahwa, forum anak memiliki peran yang sangat penting dalam pembangunan. Melalui Forum Anak ini anak-anak juga dapat belajar berorganisasi, mampu meyuarakan hak-haknya, dan turut serta dalam pembangunan.

“Keberadaan Forum Anak ini merupakan salah satu indikator KLA dalam menyediakan layanan integrative pemenuhan hak anak yang berperan dalam pemenuhan hak anak sebagai aspirator dari klaster 1,2,3,4 dan 5 dalam Pelopor dan Pelapor (2P)”. ucapnya. (QQ).

Editor : Ron

Related Articles

- Advertisement -spot_img

Latest Articles