Minggu, Mei 19, 2024
spot_img

Melalui IMOX di Harapkan Akan Ada Transaksi

Batam, GK.com – Pameran dan Forum Bisnis Kemaritiman “5th Indonesia Marine & Offshore Expo (IMOX) 2022” yang digelar di Radisson Golf & Convention Center, Sukajadi pada Rabu (3/8/2022), resmi dibuka Kepala Badan Pengusahaan (BP) Batam Muhammad Rudi.

Pada pembukaan yang ditandai dengan penekanan tombol sirine oleh Muhammad Rudi itu, turut mendampingi saat itu, Ketua Kamar Dagang & Industri (Kadin) Batam Jadi Rajagukguk, Direktur Fireworks Trade Media Group Kenny Yong, Kapolresta Barelang Batam Nugroho, Kepala Bea Cukai Batam Ambang Priyonggo, Direktur  PTSP BP Batam Harlas Buana, Direktur Badan Usaha Pelabuhan BP Batam Dendi Gustinandar.

IMOX 2022 akan dilaksanakan selama tiga hari, yaitu pada 3-5 Agustus 2022 dengan mengusung tema “Arah Industri Kemaritiman Indonesia Kedepannya”. IMOX 2022 disebut juga sebagai pameran luring perkapalan pertama, terbesar dan satu-satunya di Indonesia pada tahun ini.

Muhammad Rudi pun menyambut baik, serta mengapresiasi gelaran pameran dan forum bisnis tersebut. Hal itu menurutnya dapat memberikan stimulus dalam meningkatkan pertumbuhan ekonomi Kota Batam khususnya sektor industri kemaritiman.

Disebutkan, pameran tersebut menampilkan seluruh kebutuhan di bidang Maritim. Ia menyebutkan salah satu peserta pameran menampilkan mesin kapal model terbaru dan akan menjadi mesin terbaik di dunia.

“Kepri adalah Daerah maritim, 96 persen adalah laut, hanya empat persennya saja yang darat. Karenanya pameran ini sangat mendukung apa yang menjadi kebutuhan kita demi menggeliatkan investasi di Batam,” ucap Rudi.

Untuk itu, Ia yang juga selaku Wali Kota Batam berterimakasih kepada Ketua Kadin Batam dan Stakeholder yang turut membantu terlaksananya kegiatan ini.

“Dengan adanya pameran ini, tentu akan ada transaksi. Mudah-mudahan selama tiga hari pameran ini berlangsung, akan banyak transaksi sesuai dengan harapan bersama,” harap Rudi

Sementara itu, Ketua Kadin Batam Jadi Rajagukguk mengatakan, Batam merupakan salah satu basis unggulan industri marine dan offshore terbesar di Indonesia.

Namun, selama beberapa tahun terakhir, sektor industri tersebut dihantam badai krisis ekonomi global dan diperparah oleh pandemi yang membuat beberapa Perusahaan terganggu.

“Maka dari itu, kita perlu bersatu padu untuk mengembalikan zaman keemasan industri shipyard, marine, dan offshore. Sehingga Batam dapat kembali menjadi lampu pijar yang terus menyala menerangi Negeri ini,” tutur Jadi.

“Ibaratnya matahari tenggelam atau sunset, nah dengan momentum (Pameran IMOX 2022) ini matahari terbit, sunrise lagi”. Ujarnya.

Hadir narasumber dari BP Batam, Imigrasi Batam, Dirjen Pajak Indonesia Kepri, Bea Cukai, dan juga konferensi dari berbagai Ketua Asiosiasi terkait seperti ABUPI, BSOA, INAMPA, INSA dan IPERINDO.

IMOX merupakan program regular pameran kemaritiman berskala Internasional yang diselenggarakan di bawah Fireworks Trade Media Group (Fireworks Group).

Pameran ini dihadiri lebih dari 100 Perusahaan dari 15 Negara, diantaranya Malaysia, Singapura, Vietnam, Cina, Korea, India, Inggris dan Perancis. Diperkirakan jumlah pengunjung yang akan hadir menyentuh 2.000 orang para ahli dan profesional dari industri tersebut. (Ist/Red).

Editor : Milla

Related Articles

- Advertisement -spot_img

Latest Articles