Sabtu, Juni 22, 2024
spot_img

BPBD Bintan Tingkatkan Kewaspadaan

Bintan, GK.com Kabupaten Bintan sejauh ini dinilai aman dari bencana alam, namun tidak menutup kemungkinan satu saat bencana alam akan menimpa wilayah tersebut.

Sebagai bentuk antisipasi terjadinya bencana alam, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Bintan meminta seluruh Organisasi Perangkat Daerah (OPD) agar dapat bersama-sama menyelesaikan jawaban dari draft pertanyaan Indeka Ketahanan Daerah (IKD).

Hal tersebut disampaikan langsung Kepala BPBD Bintan Ramlah saat memimpin Rapat di Ruang Rapat III Kantor Bupati Bintan yang diikuti seluruh OPD, Selasa (19/07/2022).

“Untuk itu, kami mohon dukungan dari Bapak/Ibu sekalian mewakili OPD masing-masing. Semakin cepat kita selesaikan, maka semakin baik,” sebut Ramlah.

Diketahui, penilaian IKD memberikan beberapa manfaat bagi Daerah. Diantaranya, mengetahui jenis bencana dominan dan jiwa terpapar, mengetahui prioritas rencana, kegiatan dan program, mengetahui tingkat kapasitas daerah, serta mengetahui trend indeks resiko bencana.

Diyakini Ramlah bahwa, IKD yang disusun akan menampilkan gambaran, sejauh mana potensi bencana serta kesiapan Daerah dalam menghadapi berbagai bencana yang mengancam tersebut.

“Soal bencana, sedapat mungkin kita berdoa untuk dijauhkan. Namun sudah jadi kewajiban kita semua untuk senantiasa waspada dan siap sedia jika memang hal-hal tersebut akan terjadi”. pungkas Ramla. (Ist).

Editor : Milla

Related Articles

- Advertisement -spot_img

Latest Articles

- Advertisement -spot_img