Sabtu, Juni 22, 2024
spot_img

Agusnawarman : Pelaku UMKM Kuliner di Kepri Harus Bisa Bersaing di Pasar Luar Negeri

Tanjungpinang, GK.com – Dinas Koperasi dan UKM Provinsi Kepri melaksanakan Pelatihan Manajemen Export (Seri I) di Sektor Kuliner pada Senin (20/6/2022). Ada sebanyak 81  pelaku UMKM yang mengikuti pendidikan dan pelatihan (Diklat) pada saat itu, demi meningkatkan pemahaman dan pengetahuan UMKM, serta kapasitas kompetensi SDM UMKM.

Diselenggarakan di Hotel Aston Tanjungpinang, Diklat di adakan Dinas Koperasi dan UMKM Kepri ini merupakan Diklat Seri Pertama yang berfokus kapada manajemen ekspor.

Hadir narusumber pada kegiatan itu, RUDI FANG CEO Central Asia & Southeast Asia Business Chamber, FRED dari Central Asia & Southeast Asia Business Chamber Singapore dan AGUNG PRIJO NUGROHO CEO Wakaf Preneur Institute.

Kepala Dinas Koperasi dan UMKM Kepri Agusnawarman dalam sambutannya menyampaikan, para peserta tidak hanya dituntut menyerap ilmu yang disampaikan pemateri, tetapi juga terlibat langsung dalam proses kurasi oleh narasumber terhadap produk makanan yang dihasilkan.

“Ini agar produk makanan yang dihasilkan, khsusnya makanan khas daerah kita punya potensi untuk dijual di pasar Luar Negeri,” ungkap Agusnawarman.

Agusnawarman juga berharap dari kegiatan ini, produk makanan yang dihasilkan oleh pelaku UMKM Kuliner di Kepri bisa bersaing di pasar Luar Negeri.

“Kegiatan ini juga bisa menjadi jalur meningkatkan pertumbuhan pada ekonomi Kepri dari UMKM. Sejumlah langkah strategis telah diupayakan dalam pengembangan UMKM di Kepri, diantaranya bantuan subsidi bunga margin nol persen bagi pelaku usaha yang membutuhkan modal dengan target 1.000 pelaku usaha, digitalisasi koperasi dan UMKM, penumbuhan relawan digital, penerbitan sertifikasi halal, pembentukan koperasi dan peningkatan kualitas koperasi, serta pelatihan sebagaimana dilaksanakan hari ini”. tuturnya. (Red/Ist).

Editor : Milla

Related Articles

- Advertisement -spot_img

Latest Articles

- Advertisement -spot_img