Beranda Kepulauan Riau Batam Tiga Pelabuhan Internasional di Batam Akan DiLelang

Tiga Pelabuhan Internasional di Batam Akan DiLelang

0
Pelabuhan Domestik dan Internasional Batam Center. (ist)
Pelabuhan Domestik dan Internasional Batam Center. (ist)

Batam, GK.com Pelelangan Tiga Pelabuhan Internasional di Kota Batam akan segera dilaksanakan beberapa tahun ke depan. Pelabuhan yang akan di lelang ialah Pelabuhan Batam Center, Pelabuhan Internasional Sekupang, dan Pelabuhan Internasional Nogsapura.

Dimana Pelelangan akan di lakukan oleh Badan Pengusahaan (BP) Batam, dikarenakan salah satunya kontrak pengelolaan telah memasuki masa finis seperti, Pelabuhan Batam Center yang diketahui akan finis pada Tahun 2024 mendatang dan saat ini pengelolanya masih di pegang oleh PT Synergy Tharada.

“Saya harus cari terlebih dahulu dasar hukumnya, apakah kontrak belum habis sudah di perbolehkan melakukan pelelangan. Kalau boleh, kami akan lelang dua Tahun sebelumnya, karena masih ada waktu, dan waktu Lelang paling lama 04 s/d 05 Bulan telah selesai,” jelas Muhammad Rudi selaku Kepala Badan Pengusaha (BP) Batam, Senin (09/05/2022) di Dataran Engku Putri.

Lebih lanjut, Rudi menyampaikan bahwa Pelabuhan Internasional Sekupang telah dihentikan kegiatan operasionalnya, dan telah di tarik pengelolaannya oleh BP Batam.

“Untuk alasannya kenapa di tarik, karena terkendala pembayaran dari pengelola sebelumnya kepada BP Batam. Proses pemberhentian operasional di Pelabuhan Internasional Sekupang juga telah diserahkan kepada Jaksa Agung Muda Bidang Perdata dan Tata Usaha Negara (Jamdatun) Kejaksaan Agung Republik Indonesia (Kejagung RI). Dan Pelabuhan Nongsapura juga akan segera berakhir”. jelas Rudi. (Ist).

Editor : Ron