Beranda Kepulauan Riau Karimun Puluhan ABK Dan Nahkoda Kapal Fery di Tes Urine

Puluhan ABK Dan Nahkoda Kapal Fery di Tes Urine

0
Kepala BNNK Karimun, Wakapolsek KP3 Pelabuhan Domestik, dan perwakilan KSOP Kelas I Tanjung Balai Karimun
Kepala BNNK Karimun, Wakapolsek KP3 Pelabuhan Domestik, dan perwakilan KSOP Kelas I Tanjung Balai Karimun

Karimun, GK.com – Puluhan Anak Buah Kapal (ABK) serta Nahkoda dari berbagai Perusahaan Kapal yang tiba di Pelabuhan Domestik Kabupaten Karimun secara Random melaksanakan pemeriksaan tes urine.

Tujuan pemeriksaan ini dilakukan guna mencegah adanya penyalahgunaan Narkotika pada ABK maupun Nahkoda, serta memastikan kondisi kesehatan para ABK dalam keadaan sehat dan bugar.

Kepala Badan Narkotika Nasional Kabupaten (BNNK) Karimun Eryan Novriandi memantau langsung kegiatan tersebut, turut dihadiri juga Wakapolsek KP3 Pelabuhan Domestik Puji Puryana beserta perwakilan KSOP Kelas I Tanjung Balai Karimun Alfizar.

“Kegiatan ini merupakan kegiatan Tahunan yang rutin di lakukan, dan pelaksanaannya juga serentak seluruh Nasional. Alhamdulillah sebanyak 20 ABK yang kita periksa hasilnya Negatif,” ungkap Eryan, Rabu (27/04/2022) sekitar pukul 07.00 Wib di Pelabuhan.

Eryan Novriandi juga berpesan kepada ABK dan Nahkoda untuk menjauhi Narkotika, dikarenakan akan mengganggu kekondusifan pelayaran dan juga keselamatan penumpang.

“Diharapkan, kepada Perusahaan Kapal untuk secara rutin mensosialisasikan kepada ABK maupun Karyawan lainnya untuk menghindar bahaya Narkotika. Jika Narkotika sudah di komsumsi, maka konsentrasi dalam bekerja sebagai ABK tentunya akan terganggu, sehingga bisa berakibat fatal,” pesan Eryan.

Sementara itu, Wakapolsek KP3 Puji Puryana sangat mendukung penuh upaya BNNK Karimun dalam memberantas Narkotika dan juga kepeduliannya terhadap masyarakat.

“Pada intinya, kami dari pihak Kepolisian sangat mendukung apa yang dilakukan oleh BNN pada pagi ini, kerja sama yang baik akan mendapatkan hasil yang baik pula. Saya tekankan kepada ABK maupun Nahkoda agar bisa memprioritaskan kesehatan dan keselamatan bersama,” ucap Puji.

Dikesempatan yang sama, Alfizar menegaskan bahwa pihaknya tidak mau ada insiden pada saat pelayaran sedang berlangsung.

“Apabila ada ABK maupun Nahkoda yang kedapatan menggunakan Narkotika. Maka, kami akan melakuan tindakkan tegas berupa penahanan, tidak di beri izin layar, serta diserahkan kepada pihak berwajib,” tegas Alfizar.

Di akhir sesi wawancara Kepala BNNK bersama Wakapolsek KP3 dan perwakilan KSOP menyampaikan himbauan kepada masyarakat yang akan melaksanakan Mudik Cuti Bersama.

“Yang terpenting mengutamakan Protokol Kesehatan (Prokes) selama pelayaran, menjaga kesehatan, dan telah menerima Vaksin Boster guna mencegah penularan Covid-19. Bagi Umat Islam yang tetap menjalankan Ibadah Puasa saat mudik, semoga puasanya lancar sampai waktu berbuka, menjadi amal ibadah, tetap Istiqomah, dan semoga selamat sampai tujuan”. himbauannya. (IWD).

Editor : Milla