Beranda Kepulauan Riau Bintan Kecamatan Toapaya Masih Banyak Terdapat Anak Tanpa Identitas

Kecamatan Toapaya Masih Banyak Terdapat Anak Tanpa Identitas

61
0
Camat Toapaya, Nepy Purwanto
Camat Toapaya, Nepy Purwanto

Bintan, GK.com – Kecamatan Toapaya mempunyai wilayah yang cukup luas, diantaranya terdiri atas 3 Desa dan 1 Kelurahan. Tentu dengan luas wilayah yang tidak sedikit itu, ada saja kendala dalam memberikan pelayanan sosial dan pemberdayaan masyarakat.


Hal itu disampaikan langsung oleh Camat Toapaya, Nepy Purwanto kepada awak Media ini di Kantornya, Kamis (11/11/2021), sekitar pukul 15.30 Wib.


“Kami prihatin kepada sebagian anak yang tidak mempunyai identitas yang ada di wilayah Kecamatan Topaya ini. Dan akibatnya banyak diantara mereka yang tidak bersekolah karena terkendala administrasi,” katanya.


Dijelaskan Nepy, untuk mendukung administrasi di pendidikan Sekolah Dasar (SD) yang saat ini sistem online, persyaratannya adalah terdata di Nomor Induk Keluarga atau identitas lainnya. Sementara itu, di wilayahnya banyak terdapat anak yang tidak memiliki identitas.


“Dulu pernah ada lokalisasi yang ditutup, akibatnya di sana terdapat banyak anak-anak yang tanpa identitas yang berasal dari mantan pekerja disitu yang mempunyai anak tanpa adanya pernikahan,” ujarnya.


Untuk diketahui, hal tersebut tentu berpengaruh terkait pendataan anak usia 6 sampai 11 tahun yang akan diikutsertakan dalam program vaksinasi oleh Dinas Kesehatan (Dinkes) Bintan.


“Untuk pendataan sih saat ini kami belum ada perintah dari Kabupaten, namun isunya pada tahun 2022 mendatang. Saat ini kita masih nunggu perintah, palingan kita mendata di bawah umur tujuh tahun yang belum bersekolah, karena kan yang sudah sekolah tentu ada identitas”. tutur Nepy. (AZ).

Editor : Milla