Beranda Kepulauan Riau Anambas Kepala UPT KPHP Unit VI Ajak Masyarakat Untuk Ikuti Kehutanan Sosial

Kepala UPT KPHP Unit VI Ajak Masyarakat Untuk Ikuti Kehutanan Sosial

38
0

Anambas, GK.com – Agar hutan di Anambas tetap terjaga, Unit Pelayanan Terpadu (UPT) Kesatuan Pengelolaan Hutan Produksi (KPHP) Unit VI mengajak masyarakat Anambas untuk mendaftarkan kebun miliknya yang berada dalam kawasan Hutan agar mengikuti program Kehutanan Sosial.

Kepala UPT KPHP Unit VI, Jaeri Yanto mengatakan pihaknya siap untuk membantu masyarakat yang ingin mendaftarkan kebun miliknya dalam mengikuti program Kehutanan Sosial.

“Kita siap, serta akan kita bantu bimbing untuk mendaftarkan kebun milik masyarakat dalam mengikuti sistem Kehutanan Sosial,” ujarnya, Kamis (17/06) di Kantor UPT KPHP Unit VI.

Dirinya juga menjelaskan, keuntungan masyarakat yang sudah mendaftar bisa mengelola Hutan secara legal.

“Masyarakat bisa mengelola Hutan tanpa dibebani sanksi Hukum, dengan syarat mendaftar sebagai Kelompok Tani, nanti jika sudah didata akan muncul Surat Keputusan (SK) dari Kementerian Kehutanan untuk mengelola Hutan tersebut, dan masa berlaku SK tersebut adalah 35 Tahun,” jelas Jaeri.

Tak hanya itu, Jaeri menuturkan saat ini sudah ada 1 Kelompok Tani yang terdaftar di Anambas.

Dirinya juga berharap dengan terbentuknya Kelompok Tani dan masyarakat yang ikut mendaftar program Kehutanan Sosial bisa ikut sama-sama melestarikan Hutan yang ada di Anambas.

“Kita berharap kedepannya masyarakat bisa sama-sama ikut memantau serta membudidayakan Hutan, apabila nantinya terjadi illegal logging bisa diberi peringatan”. pungkasnya. (FR).

Editor : Dina