Beranda Kepulauan Riau 1286 CJH Kepri Batal Berangkat

1286 CJH Kepri Batal Berangkat

21
0

Kepri, GK.com – Keputusan Menteri Agama (KMA) Nomor 660 tahun 2021 tentang Pembatalan Keberangkatan Jemaah Haji pada Penyelenggaraan Ibadah Haji Tahun 1442 H/2021, membuat 1286 Calon Jamaah Haji (CJH) di Provinsi Kepulauan Riau (Kepri) gagal untuk berangkat ke tanah suci.

Kepala Bidang Penyelenggaraan Haji dan Umrah Kanwil Kementrian Agama Provinsi Kepri, Drs. H. Afrizal mengatakan bahwa, tahun ini kuota Jemaah haji yang dibatalkan keberangkatannya berjumlah 1286 orang .

“Dikarnakan CJH tahun 2020 itu tidak berangkat, maka untuk tahun 2021 ini, mereka dijadikan prioritas untuk diberangkatkan. Ada sekitar 1286 CJH Wilayah Kepri yang ditunda keberangkatannya,” tutur Afrizal saat diwawancarai Awak Media ini melalui telephon, Selasa (8/6) sekitar pukul 13.52 Wib.

Saat itu, Dirinya menyebutkan untuk jumlah CJH berbeda-beda, namun Kota Batam memiliki CJH terbanyak di Provinsi Kepri, yaitu sekitar 800 (delapan ratus) lebih.

“Untuk Tanjungpinang ada sekitar 200, Karimun dibawah sedikit dari Kota Tanjungpinang, kemudian di bawah nya Natuna, lalu Bintan, disusul dengan Lingga dan Anambas, kalau detailnya saya kurang ingat,” sebutnya.

Afrizal menuturkan, Pemerintah sudah berkerja semaksimal mungkin untuk mempersiapkan dalam pelaksanaan ibadah haji, dimulai dari pengurusan paspor, hingga manasik.
“Kalau untuk persiapan sebenarnya tidak ada masalah, cuman karena situasi lagi pandemi yang terus meningkat, serta demi keselamatan CJH, maka dari itu kita harus menunda keberangkatan haji pada tahun ini”. pungkas Afrizal. (NE).

Editor : Dina