Beranda Kepulauan Riau Anambas Wan Zuhendra Serahkan Bantuan Kepada Kelompok Masyarakat Penggerak Konservasi

Wan Zuhendra Serahkan Bantuan Kepada Kelompok Masyarakat Penggerak Konservasi

21
0

Anambas, GK.com – Pemerintah Kabupaten Kepulauan Anambas (KKA) serahkan bantuan berupa uang tunai kepada kelompok masyarakat penggerak konservasi Taman Wisata Perairan (TWP) KKA. Dalam penyerahan bantuan tersebut, Wakil Bupati KKA, Wan Zuhendra yang langsung menyerahkan, Selasa (08/06) di Kantor Bupati KKA,

Wan Zuhendra dalam sambutannya menyampaikan, Kepulauan Anambas terdiri dari 255 Pulau, 5 diantaranya langsung berbatasan dengan Negara tetangga dengan luas laut yang lebih banyak dari pada daratan.

“Untuk itu, kita perlu menjaga dan melestarikan wilayah konservasi laut di wilayah kita demi mewujudkan Kabupaten berbasis maritim. Dengan adanya kelompok masyarakat pemelihara konservasi yang sudah mendapatkan bantuan ini, diharapkan bisa mensosialisasikan dan mengajak masyarakat lain agar bisa lebih peduli terhadap lingkungan, dan Pemerintah Daerah (Pemda) Anambas akan bersinergi dengan Kementrian agar konservasi laut bisa semakin maju,” ujarnya.

Kemudian, Dirinya juga meminta agar masyarakat bisa lebih peduli dalam menjaga lingkungan, khususnya konservasi laut, sehingga bisa mendongkrak ekonomi di sektor bahari yang nantinya Pemda Anambas bersama Kementrian Kelautan dan Perikanan akan terus menjaga demi terciptanya Kabupaten Maritim yang maju dan berdaya saing dalam bidang konservasi laut.

Sementara itu, kepala Lembaga Pemantau Pengguna Keuangan Negara (LPPKN) Pekanbaru, Fajar Kurniawan menyampaikan tentang potensi di wilayah Anambas yang memiliki jumlah laut lebih banyak dari pada daratan.

“Anambas memiliki luas laut sekitar 1,2 juta Hektar, dan tentunya pasti memiliki sumberdaya laut yang sangat berpotensi bagi tumbuhnya perekenomian di sektor bahari,” jelas Fajar.

Terakhir, Fajar menyebutkan terdapat dua kelompok masyarakat penggerak konservasi yang sudah sah terdaftar, yaitu Shark Dive dan Anambas Tour.
“Saya berharap kepada dua kelompok ini dapat menjaga ekosistem laut dari tangan masyarakat nakal. Kemudian untuk masyarakat serta pejabat Pemerintah diharapkan dapat bersama-sama menjaga kelestarian laut agar tetap ekosistemnya tetap terjaga di masa depan”. harapnya. (EN).

Editor : Dina