Beranda Kepulauan Riau Anambas Beberapa Usulan Disampaikan Dalam Musrenbang Pemerintah KKA 2022

Beberapa Usulan Disampaikan Dalam Musrenbang Pemerintah KKA 2022

62
0

Anambas, GK.com – Pemerintah Kabupaten Kepulauan Anambas (KKA) bersama Badan Perencanaan Pembangunan, Penelitian, dan Pengembangan Daerah (Bappeda) KKA menggelar Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) RKPD Tahun 2022, di Aula Kantor Bupati KKA, Rabu (31/3).

Dalam Musrenbang kali ini membahas tentang perekonomian, Sumber Daya Alam (SDA), infrastruktur dan kewilayahan.

Asisten 2 Pemerintahan KKA, Chatarina sebagai perwakilan dari Pemkab Anambas mengatakan, beberapa usulan dalam Musrenbang ini yaitu membantu meningkatkan perekonomian masyarakat Nelayan.

“Karena Daerah kita ini Kepulauan, maka beberapa usulan dalam Musrenbang kali ini untuk membantu masyarakat Nelayan serta membangun beberapa infrastruktur untuk masyarakat yang berada di Pulau,” ucap Chatarina.

Adapun usulan-usulan tersebut yakni bantuan pompong untuk Nelayan, membangun tower pembantu, meningkatkan SDM, memperbaiki koneksi internet, bantuan untuk para UMKM, pembangunan Pelabuhan Penyeberangan, serta pengendalian sampah di Tempat Pembuangan Sampah (TPS).

Chatarina menjelaskan dari sektor pariwisata, Dinas Pariwisata akan menggandeng Desa-Desa di Anambas untuk membuat Peraturan Desa (Perdes) supaya bisa menarik Retribusi dari tempat wisata yang ada di setiap Desa.

“Retribusi ini diperlukan untuk objek wisata, karena jika ada kerusakan yang terjadi di objek wisata, maka bisa diperbaiki dari Retribusi tadi, tidak selalu menggunakan APBD,” jelasnya.

Sementara, terkait permasalahan sampah di Tempat Pembuangan Sampah, Chatarina sangat menyayangkan hal tersebut bisa terjadi, karena Anambas sudah mendapat predikat Kabupaten/Kota sehat.

“Untuk masalah sampah sebenarnya sangat disayangkan, karena sudah banyak predikat yang kita capai, salah satunya predikat Kabupaten/Kota Sehat, saya berharap agar lebih ditingkatkan kembali sosialisasi kepada masyarakat terkait masalah sampah ini”. tutup Chatarina. (FR).

Editor : Febri