Beranda Pendidikan Disdik Tindak Lanjuti SE Bupati Karimun Tentang Pembelajaran Pada Masa Pandemi

Disdik Tindak Lanjuti SE Bupati Karimun Tentang Pembelajaran Pada Masa Pandemi

30
0

Karimun, GK.com – Plt Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Karimun, Drs. Fajar Harison Abidin, M.Si telah merilis surat resmi yang diperuntukkan kepada Kepala/Pengelola PAUD, Kepala SD dan SMP Negeri dan Swasta, Ketua/Pimpinan Pendidikan Non Formal se- Kabupaten Karimun, terkait masalah kegiatan pembelajaran pada masa pandemi Covid-19, Jumat (12/03).

Adapun hal-hal yang disampaikan sebagai berikut :

Menindaklanjuti Surat Edaran Bupati Karimun pada tanggal 7 Januari 2021 lalu tentang kegiatan pembelajaran produktif aman untuk semester genap Tahun Ajaran (TA) 2020/2021 pada satuan pendidikan di masa pandemi Corona Virus Disease 2019 (Covid -19) di Kabupaten Karimun. 

Serta pemberian izin pembelajaran tatap muka pada satuan pendidikan yang akan dilakukan secara bertahap sesuai dengan peta resiko penyebaran Covid-19, telah ditetapkan oleh satuan tugas penanganan Covid-19 Kabupaten Karimun yang berada di zona hijau.

Berdasarkan peta zonasi yang ditetapkan oleh Satuan Tugas Penanganan Covid-19, beberapa Kecamatan yang tetap melaksanakan kegiatan pembelajaran tatap muka antara lain, Kecamatan Ungar, Kecamatan Belat, Kecamatan Moro, Kecamatan Kundur dan Kecamatan Kundur Barat.Sementara itu, Kecamatan Karimun yang akan memulai pembelajaran pada hari Senin, 15 Maret 2021 ini antara lain :
1. Kecamatan Karimun.
2. Kecamatan Meral.
3. Kecamatan Tebing.
4. Kecamatan Meral Barat.

Khusus di Pulau Karimun, pada jenjang SMP akan diadakan 2 shift yaitu, pada hari Senin-Kamis, (shift pagi pukul 07.00 s/d 09.30 lalu masuk pada shift siang pukul 10.00 s/d 12.30 Wib), dan pada hari Jumat (shift pagi pukul 06.45- s/d 09.00 lalu masuk pada shift siang pukul 09.45 s/d 11.30 Wib), dan hari Sabtu (Pembelajaran Mandiri dan Rapat Evaluasi).

Pada jenjang SD, jumlah hari belajar selama 6 hari (Senin-Sabtu) telah ditetapkan waktu pembelajaran pada Pukul 07.30-09.30 Wib, dan jam belajar melalui sistem bergiliran rombongan belajar (shift) on-off sebanyak 50% dari jumlah siswa di Kelas.

Pada jenjang PAUD, jumlah hari belajar selama 4 hari (Senin-Kamis) telah ditetapkan waktu pembelajaran pada Pukul 07.30-09.30 Wib, dan pukul 10.00-11.30 Wib, (khusus peserta didik banyak siswanya menggunakan sistem shift dan on-off), sedangkan pada jam belajar dengan sistem bergiliran rombongan belajar shift on-off sebanyak 50% dari jumlah siswa di kelas.

Panduan dan ketentuan pelaksanaan pembelajaran tatap muka di satuan pendidikan mengacu pada keputusan bersama oleh Menteri Pendidikan dan Kebudayaan,  Menteri Agama, Menteri Kesehatan, dan Menteri Dalam Negeri (Mendagri). (Jey).

Editor : Febri