Beranda Kepulauan Riau Karimun Tingkatkan Sektor Pertanian, Dinas Pertanian Dan Pangan Karimun Siapkan Beberapa Program

Tingkatkan Sektor Pertanian, Dinas Pertanian Dan Pangan Karimun Siapkan Beberapa Program

69
0

Karimun, GK.com – Dinas Pertanian dan Pangan Kabupaten Karimun secepatnya akan menjalankan sejumlah program untuk menigkatkan sektor pertanian yang disejalankan dengan program Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN).

Kepada Media ini, Kepala Dinas Pertanian dan Pangan Karimun, Sukrianto mengatakan bahwa, terdapat sejumlah program prioritas yang nantinya akan mengoptimalkan sektor pertanian, salah satunya pengadaan alat pertanian dan bantuan pupuk bagi petani.

“Untuk tahun ini kami sudah mengusulkan beberapa program untuk optimalisasi sektor pertanian kepada pihak Provinsi, hal ini disejalankan dengan program (PEN),” kata Sukrianto, Kamis (25/2) siang di Kantornya.

Selanjutnya, Sukrianto akan menargetkan penyaluran Kartu Tani serta program Pekarangan Pangan Lestari (P2L). Program tersebut dimaksudkan untuk membudidayakan berbagai tanaman sayur dengan memanfaatkan pekarangan disekitar rumah yang kurang produktif, serta membuat metode penyuluhan pertanian kepada petani.

“Ini dilakukan dengan cara membuat lahan percontohan agar petani bisa melihat dan membuktikan terhadap objek yang didemontrasikan sebagai wahana belajar bersama, Intinya dari pihak kami terus mendongrak sektor pertanian ini dengan program-program yang telah kami usulkan,” jelasnya.

kemudian Dirinya menyebutkan, berdasarkan data tahun 2020, jumlah petani yang terdaftar di Kabupaten Karimun mencapai 4.950 orang, yang terdiri dari 350 kelompok tani yang tersebar.

“Untuk jumlah petani saat ini sudah ada sekitar hampir lima ribuan, kemungkinan ini akan terus bertambah seiring minat masyarakat dan kondisi pandemi yang masih melanda”. tutupnya. (RC).

Editor : Dina