Beranda Kepulauan Riau Anambas Pembuatan Dokumen Keimigrasian Menurun Drastis di Anambas

Pembuatan Dokumen Keimigrasian Menurun Drastis di Anambas

44
0

Anambas, GK.com – Kabupaten Kepulauan Anambas (KKA) merupakan wilayah yang masuk kedalam Zona Hijau Covid-19, meski begitu permohonan pembuatan dokumen keimigrasian di Kantor Imigrasi Kelas II Tempat Pemeriksaan Imigrasi (TPI) Tarempa menurun drastis sejak pandemi Covid-19 terjadi.

Hal tersebut dikatakan langsung oleh Kepala Seksi Lalu Lintas dan Izin Tinggal Keimigrasian, Heri kepada Awak Media ini, Jum’at, (19/02) di Kantornya.

Dirinya menyebutkan, semenjak pandemi Covid-19 jumlah pemohon yang datang ke Kantor Imigrasi Kelas II TPI Tarempa hanya sekitar 1 atau 2 pemohon dalam seminggu.

“Semenjak pandemi permohonan pembuatan dokumen imigrasi menurun jauh, kalau sebelum pandemi ada 2 atau 3 pemohon dalam sehari, kini hanya 1 sampai 2 pemohon saja,” sebut Heri.

Kemudian Heri mengatakan, salah satu faktor penyebab berkurangnya pemohon yaitu, Warga Negara Indonesia (WNI) yang ingin berpergian keluar Negeri masih belum bisa bebas datang ke Negara tujuannya.

“Kecuali WNI tersebut ada kepentingan lain. Tak hanya itu, untuk Turis Asing yang ingin kesini juga dibatasi, kedatangannya kita terima, tetapi tetap ada batasan dan mereka wajib mengantongi izin dulu sebelum datang, bahkan jika untuk liburan pun harus memiliki izin dari Negara asalnya, kecuali Turis tersebut memiliki Kitas atau Kitap”. terangnya.

Terakhir Heri menuturkan, meski saat ini sepi pemohon, namun Pelayanan di Imigrasi Kelas II TPI Tarempa tetap buka seperti biasa, namun pemohon diwajibkan mematuhi Protokol Kesehatan ketika datang ke Kantor. (FR).

Editor : Dina