Beranda Nasional Jakarta Pahami Kondisi Sekitar Sebelum Adanya Bencana dengan Aplikasi InaRISK

Pahami Kondisi Sekitar Sebelum Adanya Bencana dengan Aplikasi InaRISK

42
0
Kepala Pusat Data Informasi dan Komunikasi Kebencanaan BNPB, Dr. Raditya Jati, S.Si., M.Si.

Jakarta, GK.com – Belakangan ini, bencana alam di Indonesia berdatangan silih berganti. Sejak awal Tahun 2021, Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) telah mencatat sebanyak 371 bencana yang telah terjadi.

Dalam rincian yang disampaikan oleh Kepala Pusat Data Informasi dan Komunikasi Kebencanaan BNPB, Dr. Raditya Jati, S.Si., M.Si, saat menjadi Narasumber dalam sebuah Seminar menjelaskan bahwa, di Tahun 2021 telah terjadi gempa bumi sebanyak 7 kali, kebakaran hutan 4 kali, banjir 227 kali, tanah longsor 60 kali, puting beliung 66 kali, serta gelombang pasang dan abrasi 7 kali.

Untuk antisipasi terjadinya bencana alam, Raditya Jati memperkenalkan sebuah aplikasi bernama “InaRISK”, yang bisa diakses oleh seluruh masyarakat Indonesia untuk mengetahui apabila adanya kemungkinan bencana yang akan terjadi di sekitar.

“Silahkan diakses InaRISK, jadi kita bisa tau sejauh mana resiko terjadinya bencana ditempat kita berada, serta bisa mengetahui apa yang harus dilakukan sebelum bencana saat terjadi ataupun pasca bencana”. jelasnya, Rabu (10/2) siang.

Dikatakan Raditya Jati, Aplikasi InaRISK bisa diakses oleh seluruh Smartphone, baik itu sistem Android maupun IOS. (FL).